Jenis Ikan yang Paling Diburu saat Malam Tahun Baru

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Dalam menyambut malam pergantian tahun baru, biasanya banyak masyarakat menghabiskan waktu malam dengan berkumpul bersama teman dan juga keluarga tercinta. Banyak orang yang merayakannya dengan cara berlibur ataupun pergi ke suatu tempat untuk melihat berbagai pertunjukan kembang api.

Tak jarang pula masyakat lebih memilih merayakannya di rumah, dengan cara pesta BBQ. Biasanya mereka melakukannya dengan cara membakar seperti daging, jagung, ataupun ikan.

Untuk jenis ikan biasanya tidak asal memilihnya untuk dibakar. Ada berbagai jenis ikan yang paling diburu pada saat tahun baru, salah satunya ialah Ikan Togek dan Ikan Kerapu.

“Biasanya kalau tahun baru banyak orang-orang yang beli ikan untuk dibakar, yang paling sering dicari Ikan Kerapu sama Ikan Togek,” ucap Minah salah satu pedangang ikan di TPI Palang kepada blokTuban.com.

Kedua jenis ikan tersebut, diburu oleh para pembeli bukan tanpa alasan. Menurut Minah hal tersebut lantaran daging ikan yang lembut dan lezat serta duri ikannya yang besar sehingga tidak khawatir tertelan.

“Daging ikannya itu enak, lembut terus durinya juga jarang mangkanya orang-orang suka. Ikan ini juga biasanya diekspor sampai ke China, orang-orang China pada suka,” tuturnya.

Ia melanjutkan, jika harga dari kedua jenis ikan tersebut mahal apabila pabrik ekspor sedang buka. Sebaliknya ketika sedang tutup maka harga ikan akan mengalami penurunan.

Karena banyak orang yang memburu ikan untuk dibakar di malam pergantian tahun, biasanya Minah bisa mengantongi uang sekitar Rp10 juta saat berjualan. Berbeda jauh saat hari-hari biasa yang hanya mendapatkan untung sekitar Rp30 ribu.

“Tahun baru biasanya bisa dapat sampai Rp10 juta kalau jualannya, kadang itu untungnya Rp400 ribu tapi kalau hari biasa untung paling banyak Cuma Rp30 ribu itupun belum untung bersih,” tutupnya. [sav/rom]