Kelas Inspirasi Soko, Bangun Imajinasi dan Cita-cita Masa Depan Anak

 

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kelas inspirasi telah hadir di Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban tepatnya di MI Attarbiyah Desa Simo. Turut menjadi pembicara sekaligus motivator adalah Serma Marjani Batipuanter Kodim 0811 Tuban, Minggu (19/12/2021).

Kelas Inspirasi adalah solusi bagi para profesional Indonesia yang ingin berkontribusi dengan mengajar di lingkungannya. Hal ini membuka pintu interaksi positif antara kaum profesional dengan sekolah tempat dia berpartisipasi. Melalui kegiatan ini, anak-anak diajak berimajinasi bagaimana profesi dan karir yang akan dicapai di masa depan.

Kepala MI Attarbiyah, Fauzun menerangkan, siswa akan belajar mengenai kenyataan dari cerita para profesional mengenai profesinya. Harapannya, para siswa akan memiliki lebih banyak pilihan cita-cita dan lebih termotivasi untuk memiliki mimpi yang besar. Kelas ini juga menyediakan kesempatan bagi peserta didik untuk belajar dan membangun imajinasi tentang profesi dan karir di masa depan.

"Sekaligus memperkuat rasa percaya diri dan tekad untuk terus berjuang mencapai cita-cita. Peserta didik akan belajar dengan senang, bahagia, memiliki kebanggaan dan kepuasan di saat orang tua mereka terlibat dalam Kelas Inspirasi untuk memotivasi peserta didik mewujudkan cita cita dan mimpi mereka," ucapnya.

Partisipasi para profesional tersebut untuk mengambil cuti sehari dan berbagi pengalamannya bersama anak-anak, merupakan partisipasi berbasiskan individu bukan institusi. Ini menunjukkan bahwa kepedulian dan kesadaran pribadi terhadap pendidikan masih tinggi.

Serma Marjani mengungkapkan, bagi para profesional pengajar Kelas Inspirasi dapat memberi pengalaman mengajar di depan kelas sebagai bentuk kontribusi nyata dan aktif terhadap perbaikan masa depan bangsa.

"Interaksi antara para profesional dengan peserta didik dan guru diharapkan dapat berkembang. Nantinya, menjadi lebih banyak gagasan dan kegiatan untuk kemajuan satuan pendidikan yang melibatkan kontribusi kaum profesional," katanya.

Dia berharap kegiatan semacam ini hendaknya dibangun secara berkelanjutan oleh satuan pendidikan. Dilanjutkan dengan menyediakan wahana bagi guru, kepala sekolah serta pemangku kepentingan lain di sekolah untuk membangun jejaring dengan kalangan yang luas. Yang dapat dilibatkan dalam berbagai kegiatan demi kemajuan sekolah.

Menurut Marjani keterlibatan orang tua dalam satuan pendidikan akan membantu orang tua membangun kesadaran akan pendidikan anak dengan mengembangkan lingkungan belajar di rumah yang aman, nyaman, dan menyenangkan.

Anak-anak peserta kelas inspirasi akan terus dimotivasi melanjutkan pendidikan sampai jenjang perguruan tinggi, menanamkan empat nilai moral kejujuran, kerja keras, pantang menyerah dan kemandirian sebagai jalan untuk mewujudkan apa yang diimpikannya.

"Termasuk menyadarkan amat pentingnya sikap menghormati orang tua dan guru dalam upaya mewujudkan cita-cita dan mimpi tertinggi mereka. Begitupula kehadiran peserta didik di sekolah akan meningkat, dan diikuti berkurangnya perilaku destruktif anak," ucapnya. [ali/col]