Komunitas Gaul Ikut Raimakan Gowes Bareng Bupati Tuban Halindra

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com - Dalam rangka peringatan Hari Jadi Tuban yang ke-728 ada berbagai macam kegiatan yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Tuban untuk memeriahkannya. Salah satunya adalah Gowes Bareng Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, Minggu (12/12/2021).

Acara gowes bareng Bupati Halindra dengan jarak sekitar 15 km tersebut diikuti oleh kurang lebih 644 peserta.

Rute gowes dimulai dari Alun-Alun Tuban, menuju Jl. R.A Kartini, Jl. Veteran, Jl. Basuki Rahmad, Jl. Brawijaya, Ringroad Selatan, SMP Negeri 4, Jl. Letda Sucipto, dan finish di Gelanggang Olahraga (GOR) Rangga Jaya Anoraga.

Salah satu komunitas yakni Komunitas Gaul (Gabungan Onthel Lawas) dari Dusun Njanten, Desa Ngino, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban ikut memeriahkan acara Gowes Bersama Bupati Halindra.

Komunitas Gaul merupakan bagian dari Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti). Nurhadi, ketua klub sepeda lawas dari Ngino tersebut mengaku memang mencintai sepeda lawas.
 
"Ini temen-temen pecinta sepeda lawas semua, jadi kita gowes dari Ngino bareng-bareng tadi dan ikut gowes kurang lebih 15 km bareng Mas Bupati," terangnya.

Kosti sendiri berdiri tahun 2011, dan Nurhadi telah menjadi ketua klub pecinta sepeda lawas Desa Ngino sejak 2012. "Dulu sudah ada berbagai komunitas sebelum tahun 2011 itu tapi belum resmi," ujarnya.

Ia juga membagikan informasi bahwa Kosti di Tahun 2023 akan ada pemilihan presiden Kosti di Pulau Bali. "Kosti ini kepengurusannya sampai internasional, menurut catatan sejarah memang sepeda tua paling banyak ada di Indonesia, makanya pelaksanaan kongres biasanya di Indonesia. Kami juga mungkin akan hadir di tahun 2023 nanti," bebernya. [din/mu]