BMKG Rilis Gelombang Tinggi di Perairan Tuban dan Lamongan Mulai 11-15 Desember

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Perak Surabaya merilis prakiraan kondisi ketinggian gelobang di Perairan Jawa Timur. Selama lima hari ke depan mulai tanggal 11-15 Desember 2021, untuk wilayah Perairan Tuban-Lamongan ketinggian gelombang berkisar antara 0.10 – 1.50 meter.

Bagi para pengguna perairan khususnya nelayan dihimbau untuk tetap selalu berhati-hati ketika melaut dan waspada apabila terdapat perubahan cuaca yang signifikan. Dianjurkan untuk mengikuti terus informasi cuaca BMKG sebagai penunjang kegiatan masyarakat setiap harinya.

Prakirawan BMKG Perak Surabaya dalam keterangannya menjelaskan kondisi gelombang di beberapa wilayah di Jatim berbeda. Contohnya di Perairan Tuban-Lamongan pada 11 Desember kondisinya sedang ketinggian gelombang 0.50-1.50 meter, 12-13 Desember lebih rendah yaitu 0.20-0.75 meter.

"Sementara untuk tanggal 14-15 Desember tinggi gelombang diprakirakan 0.10-0.50 meter," katanya.

Kondisi tinggi gelombang di Perairan Tuban-Lamongan tidak jauh beda dengan di Perairan Gresik-Surabaya, Utara Madura, Kepulauan Sapudi, Timur Masalembo, Selatan Bawean, hingga Kalimantan Tengah Bagian Timur.

Gelombang tinggi terpantau di dua wilayah yakni Perairan Selatan Jawa Timur dan Samudra Hindia Selatan jatim. Kisaran tinggi gelombangnya 1.00 meter hingga 3.25 meter dengan kondisi berbeda setiap harinya.

Ditambahkan pula, keberadaan awan Cumulonimbus (Cb) yang luas dan gelap bisa menambah kecepatan angin dan tinggi gelombang di wilayah tersebut. [ali/rom]