Hobi jadi Cuan, Pelajar SMKN 2 Tuban Berpenghasilan Ratusan Ribu Setiap Hari

Penulis: Achmad Syihab

blokTuban.com - Iva, begitulah sapaan siswi SMKN 2 Tuban ini berhasil memiliki penghasilan ratusan ribu setiap harinya dengan bermodal hobi menyukai ikan di masa kecil. Secara tidak langsung remaja tersebut juga berhasil membantu orangtua nya dengan membiayai sekolahannya sendiri, walaupun tidak sepenuhnya Iva merasa bersyukur hobinya bisa menghasilkan cuan.

Gadis yang bertempat tinggal di Dusun Molo RT 26 RW 09 Desa Penambangan, Kecamatan Semading, Kabupaten Tuban ini mengawali bisnisnya di samping rumahnya dengan memanfaatkan lahan kosong milik keluarga.

Pada umumnya usaha jual ikan hias identik dengan laki-laki, namun tidak dengan gadis bernama lengkap Iva Laelatul Mardiyah ini. Menurutnya jualan ikan hias juga bisa dilakukan perempuan, asal mengetahui pasar dan tidak terlalu memikirkan keutungan.

"Sejak kelas empat SD saya sudah memulai menyukai ikan dan belajar mengenal ikan tanpa ada yang mengenalkannya. Sebenarnya jualan ikan sudah saya mulai sejak kecil bermodal hobi dan iseng ternyata ada responnya baik dari orang tua maupun masyarakat, namun kurang fokus mengingat belum menguasai tentang dunia pasar ikan, dan Alhamdulillah menginjak SMK saya bisa fokus kembali jual ikan," jelas Iva saat ditemui di rumahnya, Kamis (9/12/21).

Keseriusan Iva dalam berjualan ikan hias dibuktikan dengan memanfaatkan lahan kosong di samping rumahnya, untuk di jadikan kios kecil-kecilanan. Untuk modal awal usahanya berasal dari celengan semasa kecil. Ditambah keutungan jualan ikan saat masih belajar di salah MTs di Kabupaten Lamongan.

"Alhamdulillah saya bisa membuat kios kecil-kecilan dari uang pribadi tanpa campur tangan orang tua, niat awal saya benar-benar dari hobi bukan dari keutungan penjualan tersebut," imbuhnya.

Berjalannya waktu, ia berfikir kalau memiliki usaha dan berpikir keuntungan di awal tentu hasilnya kurang maksimal. Selain jualan ikan, dirinya juga aktif di lingkungan masyarakat dengan mengajar ngaji dan aktif di dunia bela diri. Padatnya jadwal yang dimiliknya, tak mengganggu pendidikannya.

"Pelajar itu boleh berwirausaha, asal jangan melupakan identitas sebagai pelajar" tutupnya. (*)

*Penulis merupakan mahasiswa Ilmu Komunikasi Unirow Tuban yang magang di blokTuban.com berkantor di Jalan Sunan Muria nomor 28 Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban