21:00 . Susur Sungai, BPBD Tuban Temukan Titik Bantaran Sungai Bengawan Solo Longsor   |   20:00 . Satreskrim Polres Tuban Tetapkan FZ Sebagai Tersangka Kasus Investasi Bodong   |   19:00 . Kapalnya Terbakar, Nelayan Palang Telan Kerugian Rp85 Juta   |   18:00 . Sidang Kedua Terdakwa Sabu Hotel Mustika, Saksi Polisi Diperiksa   |   17:00 . Menko Airlangga: Ada Empat Poin Penting untuk Pengembangan UMKM 2022   |   16:00 . Sidang Perdana Guru Spiritual Tuban Didakwa Setubuhi dan Cabuli Tiga Anak   |   15:00 . Penduduk Miskin Bertambah, KNPI Tuban Tawarkan Solusi ke Dinsos   |   14:00 . Juknis BOP RA Tahun 2022 Disosialisasikan, Ini Kriteria Siswa Penerima Bantuan   |   13:00 . Mahasiswa PMII Menuntut Pemkab Tuntaskan Kemiskinan di Tuban   |   12:00 . Perahu Nelayan Tradisional di Tuban Kota Tenggelam   |   11:00 . Tahun 2022, Jutaan Kelompok Rentan Terima Bansos, Mensos Pastikan Optimalisasi Peran Pendamping Sosial   |   10:00 . Peluang Usaha di Era Kekinian - Tuban Digital Forum   |   09:00 . Belalang Goreng, Kuliner Unik dengan Kandungan Protein Tinggi   |   08:00 . Mendag: Mulai Hari Ini Harga Minyak Goreng Rp14.000   |   07:00 . Masuk Musim Penghujan, Orangtua Yuk Kenali Gejala Demam Berdarah pada Anak!   |  
Wed, 19 January 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Peduli Korban Semeru, Pelajar Tuban Salat Gaib dan Galang Dana

bloktuban.com | Wednesday, 08 December 2021 18:00

Peduli Korban Semeru, Pelajar Tuban Salat Gaib dan Galang Dana Para pelajar melakukan salat gaib hingga galang dana untuk Korban Semeru. (Foto: bloktuban.com/Ali Imron)

 

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Tuban Lumajang beberapa waktu lalu masih menjadi perhatian nasional hingga sekarang. Bukan hanya pemerintah dan komunitas, bahkan pelajar juga ikut prihatin atas banyaknya korban jiwa dan material akibat erupsi gunung tertinggi di Jawa Timur tersebut.

Pada Rabu (8/12/2021) pagi, empati nampak di lingkungan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah 3 Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Para pelajar melakukan salat gaib hingga galang dana untuk korban Semeru.

Salat gaib sendiri digelar di halaman MI Muhammadiyah. Para siswa tampak khusuk memanjatkan doa bagi warga yang meninggal dunia. Sementara galang dana fokus di dua titik pertama di internal siswa dan kedua di Pasar Panyuran.

M Reza Saputra, salah satu siswa kelas 6 MI Muhammadiyah III mengaku senang diajak berdonasi kepada sesama manusia yang terkena musibah bencana alam. “Semoga teman yang sekolahnya terkena dampak erupsi, segera pulih, dan bisa bersekolah lagi,” katanya.

Disambung, Chilmi Muchammad selaku Kepala Sekolah MIM 3 Panyuran menjelaskan, kegiatan kali ini mengajak pelajar berempati terhadap nasib para korban bencana erupsi Gunung Semeru. Sekaligus menanamkan pendidikan karakter kepada siswa oleh pihak sekolah.

“Kita tanamkan rasa empati ini, agar kelak saat dewasa mereka secara sadar dan tanggap, ketika ada yang terkena musibah biar tergerak hatinya,” sambung Chilmi.

Ditambahkan, kegiatan ini juga mendoakan para korban yang telah meninggal dunia semoga diampuni segala dosanya dan diterima amal ibadahnya. Sedangkan korban yang masih selamat, semoga diberikan ketabahan dan kesabaran untuk bisa melanjutkan hidup ke depan.

Sehari sebelumnya, Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky memberangkatkan kendaraan pengirim bantuan bencana erupsi gunung Semeru. Bantuan senilai Rp154 juta berasal dari seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Tuban dan Baznas Tuban.

Perlu diketahui, berdasarkan data per Selasa (7/12) Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya, jumlah korban yang meninggal dunia akibat erupsi Gunung Semeru mejadi 34 orang. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sedikitnya menurunkan 900 personil gabungan dan beberapa peralatan untuk mencari korban yang hilang dilansir dari Antara. [ali/col]

 

Tag : Galang dana, Semeru , Pelajar



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more