Masyarakat Tuban Mulai Antusias dan Tak Takut Ikut Vaksin

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sebaran virus Covid-19 di Kabupaten Tuban tercatat sudah terkendali, tetapi petugas TNI, Polri, dan Satpol PP tak lelah memberi sosialisasi secara persuasif kepada masyarakat. Seperti yang dilakukan Koramil 0811/08 Widang bersama Babhinkamtibmas, Selasa (7/12/2021).

Petugas mengajak warga binaannya untuk mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes), dengan memberikan edukasi dan menghimbau serta masker gratis kepada pemuda yang sedang berkumpul di warung dan cafe atau Kedai Kopi Wilayah setempat.

Serka M. Murod bersama Bahinkamtibmas selain melaksanakan kegiatan patroli penegakan Protkes Covid-19, kegiatan ini sekaligus dimanfaatkan untuk memberikan masker secara gratis kepada para pemuda yang sedang nongkrong.

"Juga memberikan penekanan agar mematuhi  anjuran pemerintah untuk memutus rantai penyebaran corona dan mencegah munculnya berbagai kerawanan, baik kerawanan sosial maupun kerawanan tindak kriminal,” ujarnya.

Kehadiran Polri maupun TNI dan Satpol PP di tengah masyarakat diharapkan dapat mengayomi dan menjaga keamanan masyarakat. Oleh karena itu, kegiatan sinergitas seperti ini terus dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman di masyarakat sekaligus menjaga kondusivitas wilayah.

Selama ini kegiatan penegakan disiplin Protkes Covid-19 disampaikan dengan berkomunikasi sosial secara persuasif. Tujuannya agar dapat mempengaruhi dan meningkatkan kesadaran masyarakat, betapa pentingnya untuk mematuhi Protokol Kesehatan mulai dari diri sendiri dan lingkungan sekitar.

Upaya sama juga dilakukan Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 18 Parengan Sertu Rondi. Ia melakukan monitoring penyuntikan Vaksin COVID-19 untuk warga masyarakat setempat bertempat di Balai Desa Parangbatu, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban.

Sebelum divaksin, para penerima vaksin diminta melaksanakan beberapa proses diantaranya pendaftaran, screning, vaksinasi, pencatatan dan observasi. "Pengamanan dan pemantauan ini kita lakukan agar kegiatan penyuntikan vaksin ini bisa berjalan dengan baik dan sesuai tahapan. bahwa vaksin tersebut sudah diberikan kepada masyarakat Desa Parangbatu,"ucapnya.

Kepala puskesmas Parengan drg. Roikan menambahkan, intansinya akan mendukung penuh segala kegiatan pemerintah daerah (Pemda) demi menyukseskan vaksinasi dan upaya menciptakan Kabupaten Tuban sehat dan kondusif.

“Kami akan mendukung penuh segala kegiatan Pemda, diantaranya seperti pendampingan dan pengawasan seperti yang dilakukan sekarang ini terhadap pemberian vaksin di Desa Parangbatu, ”imbuhnya.

Dalam pelaksanaan vaksinasi kali ini terlihat masyarakat sangat antusias dan tidak ada rasa takut, karena Babinsa dan petugas kesehatan dari puskesmas Parengan menyampaikan bahwa vaksin ini aman dan halal. Sebelum masyarakat divaksin nakes dan TNI/Polri sudah di vaksin lebih dulu. [ali/ito]