15:00 . Jokowi Longgarkan Prokes, Penjual Masker di Tuban Masih Bertahan   |   14:00 . Akibat Cuaca Buruk, Harga Ikan di PIT Naik!   |   13:00 . Libur Akhir Pekan, Pengunjung Wisata Pantai Remen Tuban Capai 2.000 Orang   |   12:00 . Terlanjur Nyaman, Sebagian Masyarakat Tuban Enggan Lepas Masker   |   11:00 . Ini Tiga Tokoh Kunci pada Mitos Goa Ngerong   |   10:00 . Pengelola Mangrove Center Tuban Keluhkan Fenomena Banjir Rob   |   09:00 . Warga Prunggahan Kulon Ditemukan Tewas di Bekas Tambang, Ini Kronologinya!   |   08:00 . Orangtua, Ini Tips Mendorong Anak untuk Mau Mengonsumsi Makanan Sehat   |   18:00 . Jatim Series Jember Jadi Evaluasi Rider ISSI Tuban Sebelum Porprov 2022   |   17:00 . Suzuki Baleno Kecelakaan Karambol Libatkan Dua Truk   |   16:00 . Jembatan Glendeng Resmi Ditutup, Pemotor Pilih Jalan Alternatif   |   15:00 . Jokowi Serukan Belanja Produk dan Wisata Dalam Negeri di Peluncuran Gernas BBI   |   14:00 . Hanya 2 Jam, 134 Anak di Tuban Selesai Dikhitan Massal   |   13:00 . PKL Taman Sleko Tuban Diminta Tak Ganggu Pengguna Jalan   |   12:00 . Ketakutan Warga Gesikharjo Sandarkan Kapalnya Dekat Makam Asmoroqondi   |  
Mon, 23 May 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Selamatkan Sumber Air, Rumah Zakat Tuban Tanam Ratusan Bibit Pohon di Desa Jadi

bloktuban.com | Sunday, 28 November 2021 18:00

Selamatkan Sumber Air, Rumah Zakat Tuban Tanam Ratusan Bibit Pohon di Desa Jadi 58 orang serentak menanam ratusan pohon di dekat Desa Jadi, Kecamatan Semanding. (Foto: bloktuban.com/Ali Imron)

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Upaya menyelamatkan sumber air dilakukan oleh Rumah Zakat di Kabupaten Tuban pada Minggu (28/11/2021) pagi. Mereka bersama 58 orang serentak menanam ratusan pohon di dekat Desa Jadi, Kecamatan Semanding.

Ada dua alasan utama kegiatan digelar memperingati Hari Penanaman Pohon Nasional 2021 tersebut. Pertama, Desa Jadi saat musim kemarau tiba akan rawan kekeringan, dan yang kedua untuk menyelamatkan sumber air yang selama ini menjadi nadi kehidupan warga setempat.

Ahmad Maulan Ketua Rumah Zakat Tuban mengatakan kali ini Rumah Zakat mendatangkan 400 bibit pohon seperti trembesi,mahoni, Ketapang, nangka, gedondong, jambu, klengkeng, sukun, kluwih, pecut. Aneka ragam jenis pohon tersebut diharapkan meningkatkan resapan air sekaligus mencegah terjadinya bencana banjir hingga tanah longsor.

"Ketika pohonnya besar nanti, buahnya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tambahan ekonomi dan gizi keluarganya," ujar Maulana pria asli Desa Jadi kepada reporter blokTuban.com.

Usai penanaman hari ini, dikatakan Maulan tidak selesai begitu saja. Tindak lanjut untuk menjaga penghijauan dan kehidupan pohon, telah direncanakan ada satu orang yang selalu menjaganya dan setiap sebulan sekali akan diadakan kerja bakti.

Kegiatan peduli lingkungan tersebut, Rumah Zakat juga melibatkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), dan Pemerintah Desa Jadi. Kolaborasi tersebut diharapkan Desa Jadi lebih hijau.

Perlu diketahui, penghijauan di Desa Jadi masuk dalam kawasan hulu yang juga mendukung program Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky. Dimana banjir yang selama ini terjadi di kawasan Tuban Kota barat, kuncinya ada di hulu yakni Desa Jadi.

Artinya semakin banyak kawasan Jadi yang hijau, maka akan memperlambat aliran air hujan ke wilayah Kota. Seiring dengan program tanam pohon, Pemerintah juga berecana membangun Dam/waduk Jadi sebagai tampungan besar air hujan. [ali/col]

 

Tag : Tanam, pohon, desa, jadi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more