19:00 . Wasit Keluarkan 2 Kartu Merah, Tim Salafiyah Kholidiyah Plumpang Lolos FInal   |   18:00 . Nurul Qur’an Bancar Kebobolan 8 Gol, Kesebelasan Mutholibul Huda Jenu Lolos Final   |   17:30 . Trending! Nathalie Holscher Gugat Cerai Sule, Putri Delina Disebut Biang Keladi   |   17:00 . Manganan di Gedongombo Tuban : Berharap Tanaman Lebih Subur   |   16:00 . Tumpah Ruah 1.700 Warga Gedongombo Tuban Manganan di Makam Syeh Maulana Iskhak Al-Maghribi   |   15:00 . Persiapan Wukuf, Jemaah Haji Asal Tuban Mulai Geser ke Arafah   |   14:00 . Harga Bawang Putih di Tuban Naik Ikuti Bawang Merah, Hampir Setara Minyak Goreng Kemasan   |   13:00 . 10 Destinasi Wisata di Tuban Pas Banget Buat Liburan Idul Adha, Buruan Piknik!   |   12:00 . Meraup Cuan dari Usaha Tusuk Sate Jelang Idul Adha di Tuban   |   11:30 . Tusuk Sate Tuban, Usaha Keluarga Sejak 1987   |   11:00 . Ramalan Shio 7 Juli 2022: Bisa Jadi yang Kalian Butuhkan Adalah Healing!   |   10:30 . Bakal Tusuk Sate di Tuban Dijemur Sehari   |   10:00 . Lowongan Kerja Lulusan SMA hingga S1 Ada 10 Formasi di PT Indofood Group   |   09:30 . Kampung Tusuk Sate di Tuban   |   09:00 . Prestasi Tuban di Porprov Jatim VII Melesat, Mas Bupati Turun Langsung hingga Atlet Pecahkan Rekor   |  
Thu, 07 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tumbuhkan Kreatifitas di Era Digital, PBSI Unirow Tuban Gelar Pelatihan E-Mading Bagi Pelajar

bloktuban.com | Saturday, 27 November 2021 17:00

Tumbuhkan Kreatifitas di Era Digital, PBSI Unirow Tuban Gelar Pelatihan E-Mading Bagi Pelajar Narasumber menyampaikan materi pelatihan pembuatan E-Mading. (Foto: blokTuban.com/Khoirul Huda)

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Ronggolawe (FKIP Unirow) Tuban menggelar pelatihan pembuatan Majalah Dinding Elektronik (E-Mading) untuk pelajar SMA/SMK Sederajat, Sabtu (27/11/2021).

Pelatihan yang diikuti puluhan pelajar tingkat SMA/SMK Sederajat di Kabupaten Tuban itu digelar di Lantai III Perpustakaan Unirow Tuban. Dalam kegiatan itu, panitia menghadirkan sejumlah narasumber dari Dosen PBSI Unirow serta Desainer Grafis, Lailatul Afifah.

Ketua panitia kegiatan, Yunita Suryani mengatakan, kegiatan pelatihan ini diselenggarakan oleh PBSI Unirow Tuban untuk menumbuhkan kreatifitas bagi para pelajar di era digital. Sebab, selama ini keberadaan mading di sekolah masih kurang dimanfaatkan oleh para pelajar.

"Kita mencoba bagaimana agar mading yang ada disekolah itu bisa dimanfaatkan kembali dengan cara yang berbeda. Jika sebelumnya dipajang secara konvensional di depan kelas, tapi ini dikemas dalam bentuk digital," terang perempuan yang juga Dosen PBSI tersebut.

Dia berharap, adanya pelatihan pembuatan E-Mading ini para pelajar tetap bisa produktif menulis yang nantinya dapat munculkan dalam mading digital. "Harapannya nanti, kreatifitas para pelajar yang berkaitan dengan literasi ini bisa terus berkembang," harap Yunita.

Sementara itu narasumber kegiatan pelatihan, Lailatul Afifah mengungkapkan, pelatihan ini untuk menumbuhkan kreatifitas pelajar di era digital. Sehingga, materi yang disampaikan pada pertemuan kali ini adalah terkait dengan pembuatan mading digital bagi para pelajar tingkat SMA/SMK sederajat.

"Jadi kita mencoba untuk menerapkan E Mading di sosial media yakni Instagram. Karena memang sekarang Instagram itu bisa dibuat untuk pemasaran atau yang lainya seperti contoh mempromosikan sekolah mereka," kata Afifah.

Dia menambahkan, dalam perkembangan era digital ini dia juga mengajak para pelajar untuk memanfaatkan E-Mading dalam rangka menumbuhkan kreatifitas literasi mereka.

Salah satu peserta pelatihan, Sahara mengaku senang bisa mengikuti kegiatan pelatihan ini. Sebab, dengan kegiatan ini dia bisa tetap menulis yang bisa dimunculkan di media sosial. "Senang mas bisa mengikuti pelatihan ini, dengan ini saya bisa tau bagaimana menulis mading digital," pungkas pelajar SMK TJP tersebut.[hud/sas]

Tag : pbsi, unirow, tuban, sma, smk



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat