PTMSI Gelar Kejuaraan Tenis Meja Porkab VI Tuban

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com- Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Kabupaten Tuban menggelar Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Tuban yang ke VI di sekreteriat PTMSI yang berlokasi di Jalan Pasar Sore, Kelurahan Sendangharjo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban pada Sabtu (27/11/21).

Acara tersebut akan berlangsung selama dua hari. Sebanyak 42 atlet ikut dalam kejuaraan ini, dengan rincian 30 orang putra dan 12 orang putri. Kategori perlombaan tenis meja dibagi menjadi dua yakni tunggal yang akan dilaksanakan hari ini, dan ganda untuk Hari Minggu (28/11).

Pembukaan Porkab VI tenis meja juga dihadiri oleh Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, jajaran Forkopimda Kabupaten Tuban, Ketua DPRD Kabupaten Tuban, Miyadi, serta perwakilan dari Danramil dan Kapolsek Kabupaten Tuban.

Sutaji, Ketua Umum PTMSI Kabupaten Tuban menyampaikan dengan adanya acara ini menjadi semangat bagi atlet-atlet tenis meja agar lebih berprestasi dan keinginanya untuk bisa memasyarakatkan tenis meja sampai ke pelosok desa.

“Kami melihat saat ini anak-anak lebih banyak memainkan gadget, jadi kami ingin biar hp mereka ditaruh dan kembali main ping pong lagi,” ujarnya.

Sutaji juga berpesan kepada para atlet untuk bermain dengan maksimal dan menjunjung tinggi sportifitas. 

“Kalah menang sudah biasa, dengan adik-adik ini berani tampil di sini sudah kami anggap sebagai pemenang. Dari pertandingan ini akan jadi dasar kami untuk mengirim adik-adik ke kancah yang lebih tinggi, jadi harus lebih rajin untuk terus belajar dan berlatih,” ungkap Camat Bancar itu.

Peserta Porkab VI tenis meja datang dari berbagai kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban. Kendati demikian, mantam Sekcam Singgahan menyampaikan bahwa belum seluruh kecamatan yang mengikuti pertandingan karena masih dalam situasi pandemi.

Selain itu, peserta yang mengikuti porkab tenis meja juga diwajibkan untuk vaksin. 

“Kalau daftar dan belum vaksin kita tolak, sudah kita infokan demikian. Kan umur 12 sudah bisa vaksin,” jelas penghobi sepakbola ini.

Sebelum agenda Porkab VI ini, PTMSI sudah menyelenggarakan banyak turnamen seperti dalam rangka HUT kemerdekaan RI, Haornas dan hari jadi Tuban, serta event dengan KKGO Kabupaten Tuban. Kunci dari keberhasilan organisasi ini adalah guyub rukun dan kebersamaan.

“Kalau bersama bareng-bareng meskipun berat akan terasa ringan, jadi kami PTMSI memang mencari pengurus yang loyal dan berdedikasi untuk tenis meja,” paparnya.

Turnamen-turnamen yang diselanggarakan oleh PTMSI memang digunakan untuk mengukur kemampuan atlet-atlet tenis meja yang mana nantinya bisa mewakili Kabupaten Tuban jika ada perlombaan di tingkat yang lebih tinggi.

“Turnamen itu kan ada juaranya, biasanya yang menang kita kawal lagi, atau kita lihat dari mereka yang pada proses latihan memiliki kemampuan bagus meskipun belum menang. Pokoknya kita nggak pilih kasih, kita kirim atlet karena mereka memang berprestasi,” tuturnya. [din/ono]