Porkab VI Bawa Nilai Tambah bagi Pelatih Drum Band

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Wabah Covid-19 membuat kegiatan drumband di Kabupaten Tuban selama dua tahun vakum. Adanya Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) VI drumband di Mangrove Jenu hari Sabtu (27/11/2021), menjadi pintu masuk dan kebangkitan olahraga tersebut.

Ketua Harian Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Tuban, Karso mengatakan selama pandemi banyak pelatih drumband yang vakum hingga banting setir ke profesi lain untuk menyambung hidup.Tak sedikit dari mereka yang mengggeluti ojek online.

"Tercatat ada 43 pelatih drum band yang dinaungi PDBI. Harapannya para pelatih bisa fokus kembali melatih atlet drumband Tuban untuk menghadapi kejuaraan-kejuaraan yang akan datang," ujar Karso kepada reporter blokTuban.com.

Selain membawa manfaat besar untuk pelatih, event Porkab juga membuka kembali bagi sekolah di Tuban untuk mengaktifkan ekstrakurikuler (ekskul) drumband. Bila pelatih dan sekolah kompak, bukan tidak mungkin gaung drumband di Tuban akan kembali lagi.

Dalam ajang Porkab VI diikuti enam sekolah. Klasemen SD/MI (Non Brass) ada DB. GITA SATYA PURNAMA dari MIS Manbail Futuh Beji Jenu, DB. PRAGA SWARA NURUL JADID dari MI Nurul Jadid Mliwang Kerek
, DB. HIDA PERSADA dari MI Hidayatul Mubtadiin Sugihwaras Jenu, dan DB. GITA MAYA PADA dari MI Miftahul Huda Tegalrejo Merakurak.

Sedangkan klasemen SD/MI (Brass) hanya diikuti satu peserta yakni DB. BAHANA GITA BAHARI dari SDN Beji I Kecamatan Jenu . Klasemen SMP/SMA/UMum juga satu peserta DB. MADA KENCANA NADA berasal dari MA Darul Ma’wa Plandirejo, Kecamatan Plumpang. Dalam penilaian, Gita Satya Purnama juara 1 di klasemen SD/MI (Non Brass). Bahana Gita Bahari juara 1 klasemen SD/MI Brass, dan Mada Kencana Nada juara 1 klasemen SMP/SMA/Umum.

Perlu diketahui, Drum band (PDBI) merupakan bagian dari 28 induk organisasi olahraga dan 2 organisasi olahraga fungsional yang bernaung di bawah pembinaan KONI Kabupaten Tuban. Diantara catatan prestasi, pada tahun 2019 PDBI memberangkatkan grup SD di ajang Kapolda Cup dan juara 1 klasemen SD. [ali/sas]