20:00 . Susur Sungai, BPBD Tuban Temukan Titik Bantaran Sungai Bengawan Solo Longsor   |   20:00 . Satreskrim Polres Tuban Tetapkan FZ Sebagai Tersangka Kasus Investasi Bodong   |   19:00 . Kapalnya Terbakar, Nelayan Palang Telan Kerugian Rp85 Juta   |   18:00 . Sidang Kedua Terdakwa Sabu Hotel Mustika, Saksi Polisi Diperiksa   |   17:00 . Menko Airlangga: Ada Empat Poin Penting untuk Pengembangan UMKM 2022   |   16:00 . Sidang Perdana Guru Spiritual Tuban Didakwa Setubuhi dan Cabuli Tiga Anak   |   15:00 . Penduduk Miskin Bertambah, KNPI Tuban Tawarkan Solusi ke Dinsos   |   14:00 . Juknis BOP RA Tahun 2022 Disosialisasikan, Ini Kriteria Siswa Penerima Bantuan   |   13:00 . Mahasiswa PMII Menuntut Pemkab Tuntaskan Kemiskinan di Tuban   |   12:00 . Perahu Nelayan Tradisional di Tuban Kota Tenggelam   |   11:00 . Tahun 2022, Jutaan Kelompok Rentan Terima Bansos, Mensos Pastikan Optimalisasi Peran Pendamping Sosial   |   10:00 . Peluang Usaha di Era Kekinian - Tuban Digital Forum   |   09:00 . Belalang Goreng, Kuliner Unik dengan Kandungan Protein Tinggi   |   08:00 . Mendag: Mulai Hari Ini Harga Minyak Goreng Rp14.000   |   07:00 . Masuk Musim Penghujan, Orangtua Yuk Kenali Gejala Demam Berdarah pada Anak!   |  
Wed, 19 January 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Manfaatkan Tradisi Ritual di Makam Wali untuk Kampanye Vaksinsasi

bloktuban.com | Saturday, 27 November 2021 09:00

Manfaatkan Tradisi Ritual di Makam Wali untuk Kampanye Vaksinsasi EFEKTIF : Di Kalan Warga Banyak Berkumpul, Sangat Efektif untuk Kampanye Vaksinasi (foto: ali)

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Ajakan vaksinasi bukan hanya dilakukan ketika kegiatan formal. Justru lebih efektif ketika ajakan hidup sehat dan ikhtiar melawan Covid-19 disampaikan dalam sebuah ritual yang menjadi tradisi warga. Sebab, saat itu banyak warga yang berkumpul.

Seperti tradisi dawetan di Desa Bejagung, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban pada Jumat (26/11/2021), Kepala Desa Aang Sutang juga mengkampanyekan pentingnya vaksinasi pada warganya.

"Istilahnya iras irus Mas, sekali dayung dua tujuan tercapai," ujar Kades Aang kepada blokTuban.com. 

Dalam kegiatan kearifan lokal tersebut, Aang sengaja menyandingkan dengan kampanye vaksin. Antusiasme warga yang hadir akhirnya paham, bahwa vaksin, memakai masker dan protokol kesehatan lainnya harus terus dilakukan. 

Dalam kampanye juga ada dialog-dialog santai, dan Kades berkesempatan menanyai warganya satu persatu siapa yang belum vaksin. Bila semua warga Bejagung telah divaksin, tentu membahagiakan pada akhirnya.

"Vaksin di Desa Bejagung hampir 85 persen dan terbanyak melakukan vaksin di Tuban sebanyak 24 kali. Untuk desa lain rata-rata baru 12 kali vaksinasi," katanya.

Vaksinasi di Kabupaten Tuban saat ini masih di bawah 60 persen, sehingga masih berstatus PPKM Level 3. Harapan Pemerintah Kabupaten Tuban vaksinasi terus dikejar supaya statusnya bisa ke level 2 atau 1.

Seiring dengan capaian vaksinasi Kabupaten Tuban baru mencapai 54 persen untuk umum dan 33 persen untuk lansia, Bupati Tuban, Aditya Halindra faridzky berharap adanya kolaborasi. Antara Pemkab dengan TNI / Polri, Pemdes, serta tenaga kesehatan dalam serbuan vaksin kali ini, dapat memberi lompatan penambahan angka vaksinasi, utamanya vaksinasi untuk lansia.

Kejar target vaksinasi di Tuban dibuktikan dengan penyuntikan  115 ribu dosis vaksin untuk warga Tuban. Rinciannya 15 ribu dari Pemkab, 50 ribu dari TNI, dan 50 Ribu dari Polri, dengan target capaian vaksinasi 70 persen untuk umum dan 60 persen untuk lansia dosis pertama. [ali/ono]

 

Tag : kampanye, kampanye vaksinsasi, vaksinasi, makam bejagung



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more