Cegah Kerusakan Lingkungan, Komunitas Sobat Bumi Unirow Lakukan Ini

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Ada beragam cara untuk menunjukkan rasa cinta pada bumi sebagai tempat hidup semua mahluk hidup. Salah satunya yang dilakukan sejumlah mahasiswa Universitas Ronggolawe (Unirow) Tuban yang tergabung dalam Komunitas Sobat Bumi.

Komunitas tersebut pada Sabtu (27/11/2021) menggelar aksi tanam pohon buah di MI Muhammadiyah Desa Cendoro, Kecamatan Palang. Adapun yang terlibat 30 siswa dari kelas 4, ditambah 19 orang dari komunitas Sobat Bumi.

Tujuan aksi tanam pohon cukup unik, yaitu ingin mengenalkan eco lifestyle atau gaya hidup ramah lingkungan kepada anak-anak sekolah.

Tak cukup menanam, sehari sebelumnya juga digelar berbagai kegiatan seperti pengenalan eco lifestyle, pelatihan memanfaatkan barang-barang bekas pakai dan banyak kegiatan lainnya.

Seksi Dokumentasi Kegiatan SOBI, Laela Agustini mengatakan, pihaknya ingin mewujudkan jargon Sobat Bumi UNIROW, Cintai Bumi Selamatkan Bumi, agar bukan hanya sebatas jargon.

Kegiatan tersebut sengaja diaplikasikan kepada siswa sekolah, agar mereka bisa menerapkan pola hidup untuk selalu menjaga kebersihan dan melestarikan lingkungannya.

"Melalui serangkaian kegiatan dari pengenalan gaya hidup ramah lingkungan hingga aksi tanam pohon sederhana, Komunitas Sobat Bumi berharap bisa mengurangi dampak kerusakan lingkungan,"

SOBI sendiri adalah sejumlah mahasiswa yang mendapat beasiswa Afirmasi Daerah Operasi, dan ditugaskan oleh kampus untuk merealisasikan sejumlah anggaran beasiswa agar digunakan untuk mendanai aksi peduli lingkungan.

Masing-masing mahasiswa dalam kegiatan tersebut mendapatkan kuota sebesar 400 ribu rupiah, yang wajib diwujudkan dalam bentuk kegiatan aksi nyata agar berdampak langsung pada masyarakat.

Anggaran dari kampus tersebut digunakan untuk operasional kegiatan, serta pengadaan 61 bibit tanaman buah.

"Aksi taman pohon ini dimaksudkan untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan yang semakin parah, serta mencoba menerapkan perilaku peduli dan cinta lingkungan kepada para siswa sekolah dasar, karena mereka adalah calon penerus bangsa," tutupnya. [ali/sas]