17:00 . Karyawan TPPI Tuban Peduli, Salurkan Bantuan Korban Semeru Melalui Kodim 0811   |   16:00 . IPSI Tuban Berangkatkan 11 Atlet Di Kejurda Pencak Silat   |   15:00 . Bupati Blora Ziarah ke Makam Tjitrosoman Tuban   |   14:00 . TNI AD dan PMI Tuban Terus Kolaborasi Penuhi Pasokan Darah Saat Pandemi   |   13:00 . Lanjutkan Usaha Anak, Kini Beromzet Jutaan dengan Jualan Mainan anak   |   12:00 . Jelang Nataru, Harga Cabai Rawit di Tuban Naik Menjadi Rp65 Ribu per Kilogram   |   11:00 . Wacana Difabel Tuban, Terima PKH, Ruang Kreasi, dan Diantar Jemput ke Sekolah   |   10:00 . Bupati Tuban Halindra akan Buat Cekungan di Bekas Galian Tambang   |   09:00 . Kepergok Curi Karet Bekas Belt Conveyor Milik PT. SBI, Dua Warga Sekitar Perusahaan Ditangkap   |   08:00 . Pelajar Tuban Peduli Korban Semeru, Mulai Salat Gaib hingga Galang Dana   |   07:00 . Cara Atasi Lemas dan Ngantuk Habis Sarapan Menurut Ahli Gizi   |   20:00 . Wamendag: Revitalisasi Pasar Rakyat Perkuat Pemulihan Ekonomi Nasional   |   19:00 . Merantau di Tuban, Residivis Asal Jepara Ini Nekat Gondol Motor Temannya   |   18:00 . Peduli Korban Semeru, Pelajar Tuban Salat Gaib dan Galang Dana   |   15:00 . Overkapasitas, Lagi-lagi Lapas Tuban Terima Pindahan 20 Napi Narkoba   |  
Thu, 09 December 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Jokowi Optimis TPPI Tuban akan Selesaikan Banyak Masalah di Indonesia

bloktuban.com | Sunday, 21 November 2021 17:00

Jokowi Optimis TPPI Tuban akan Selesaikan Banyak Masalah di Indonesia Jokowi saat mengunjungi Tuban. (Foto: dokumentasi bloktuban.com)

 

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com – Presiden RI, Joko Widodo memberikan kritik pedas kepada Pertamina karena dua proyek besar perkembangannya lambat. Dua proyek yang dimaksud presiden adalah PT. Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) yanga berada di Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

Di sebelahnya proyek Kilang Grass Root Refinery (GRR) yang berada di Desa Wadung dan Sumurgeneng, Kecamatan Jenu. Kerjasama Pertamina dengan Rosneft Rusia.

Di hadapan Komisaris dan Direksi Pertamina dan PLN di Istana Negara yang disiarkan melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu (20/11). Proyek TPPI yang berada di Desa Remen memiliki investasi US$ 3,8 miliar dan selama bertahun-tahun belum berjalan. Padahal usai dilantik pada tahun 2014, Jokowi langsung bergegas mengunjungi TPPI Tuban.

“Saya ke TPPI tahu barang ini kalau sudah jadi akan menyelesaikan banyak hal,” kata Jokowi.

Proyek TPPI, lanjut Jokowi mampu menghasilkan berbagai macam turunan petrokimia yang menjawab kebijakan substitusi impor Indonesia. Banyak masalah di Indonesia yang selesai khususnya impor yang selesai. Ditambah neraca perdagangan dan pembayaran membaik. Selama ini akar masalah Indonesia terlalu lama di zona nyaman (comfort zone) dan terjebak rutinitas.

Jokowi juga bercerita sempat membentak Direktur Pertamina, Nicke Widyawati karena mendapat cerita sama, dengan apa yang telah diketahui dari dirut sebelumnya. Bahkan tender TPPI dua kali dan bolak-balik diulang-ulang.

Pemerintahan Jokowi ingin neraca transaksi berjalan baik yang selama ini sering defisit lekas membaik. Begitu pun juga neraca perdagangannya.

Bila proyek TPPI selesai, Indonesia akan mengurangi impor secara signifikan karena sudah mampu memproduksi berbagai produk turunan Petrokimia secara mandiri.

Indonesia mampu memproduksi sendiri, karena memiliki mesin dan bahan bakunya. Jokowi mengaku sedih karena masih terus impor, yang semestinya turunan Petrokimia dapat dihasilkan di dalam negeri.

“Pertamina akan untung dari situ, negara juga dapat untung dari substitusi impor, neraca perdagangan baik, nilai tukar akan menguat,” imbuh Jokowi.

Sedangkan untuk proyek kilang GRR Tuban dengan nilai investasi Rp168 triliun, Jokowi juga mengkritik Pertamina. Sudah bertahun-tahun Rosneft Rusia ingin berinvestasi di Kabupaten Tuban, tapi saat ini yang terealisasi baru Rp5,8 triliun.

“Investor ingin cepat tapi kitanya yang tidak ingin cepat. Alasannya ada saja minta kereta api, jalan tol,” tutup Jokowi di hadapan direksi dan komisaris Pertamina yang hadir. [ali/col]

 

 

 

 

Tag : Migas, ekonomi, tppi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more