Teliti Pemberitaan RUU PKS, Mahasiswi Fisip Unirow Ini Jadi Lulusan Terbaik

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com – Rancangan Undang-undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) masih terus menjadi perbincangan berbagai kalangan hingga tahun 2021. Sehingga hampir semua media khususnya portal berita online terus memberitakan setiap perkembangannya.

Salah satu mahasiswi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) jurusan Ilmu Komunikasi Unirow Tuban bernama Fitriyah Ayu Puspitasari kemudian mejadikan isu tersebut sebagai bahan penelitian skripsi.

Tak disangka, mahasiswi kelahiran Desa Sumurtawang, Kecamatan Kragan, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah itu dianugrahi sebagai lulusan terbaik kategori pembuatan skripsi terbaik dengan judul "Kredibilitas Portal Berita Online Dalam Pemberitaan Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (Analisis Isi Portal Berita detik.com Periode 1 Juni - 31 Juli 2021)". Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Wakil Rektor 3 bagian kemahasiswaan Suantoko,  M. Pd. dalam acara yudisium, Kamis (11/11/2021).

Fitriyah mengungkapkan bahwa dia menyelesaikan skripsinya selama tiga bulan dengan predikat nilai A dalam ujian skripsinya. Karya ilmiah tersebut menampilkan tentang nilai kredibilitas portal berita yang diukur berdasarkan skala likert dengan menunjukan hasil sangat baik,  sehingga berita-berita selama periode tersebut dapat dijadikan rujukan masyarakat tentang pemberitaan RUU PKS.

“Sebenarnya tidak menyangka bisa dapat penghargaan skripsi terbaik, karena yang saya pikir dalam mengerjakan bagaimana skripsi bisa selesai. Menurut Saya, apapun judul skripsi yang penting kita paham dengan apa yang mau kita tulis dan bagaimana cara menulisnya. Kita mesti paham betul kerangka penulisan ilmiah,” ujar Fitriyah dilansir dari laman resmi unirow.ac.id. .

Dibalik keberhasilannya itu, ia tidak lepas dari bimbingan yang baik dari Dosen Pembimbing, yakni Kholid, S.Sos., M.Si. Yang juga merupakan Kaprodi Ilmu Komunikasi.

“Beliau begitu teliti dalam membaca skripsi saya. Apa yang kita klaim, harus ada bukti-buktinya. Apa yang mau kita simpulkan, mesti jelas premis-premis yang menyusunnya,”Jelas Fitriyah.

Tips khusus dalam pemilihan tema skripsi juga dibeber olehnya.  Intinya memilih tema yang sedang trend sebagai objek penelitian atau bisa juga mengulik tentang minat pribadi untuk dijadikan karya ilmiah, sehingga mahasiswa dapat dengan mudah memahami tulisannya.

Kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi memberikan kesan tersendiri untuk Fitriyah. Dia mengaku bahwa disamping kualitasnya yang sangat baik, dengan kuliah disini dia bisa mendapatkan ilmmu dan pengalaman yang banyak.

“Terimakasih kepada dosen-dosen yang selalu mendukung minat dan bakat mahasiswanya. Mendorong kita untuk inovatif dan kreatif sebagai mahasiswa ilmu komunikasi dan turut serta menemani dalam proses tersebut,” tutup perempuan yang hobi traveling itu. [ali/sas]