15:00 . Bupati Blora Ziarah ke Makam Tjitrosoman Tuban   |   14:00 . TNI AD dan PMI Tuban Terus Kolaborasi Penuhi Pasokan Darah Saat Pandemi   |   13:00 . Lanjutkan Usaha Anak, Kini Beromzet Jutaan dengan Jualan Mainan anak   |   12:00 . Jelang Nataru, Harga Cabai Rawit di Tuban Naik Menjadi Rp65 Ribu per Kilogram   |   11:00 . Wacana Difabel Tuban, Terima PKH, Ruang Kreasi, dan Diantar Jemput ke Sekolah   |   10:00 . Bupati Tuban Halindra akan Buat Cekungan di Bekas Galian Tambang   |   09:00 . Kepergok Curi Karet Bekas Belt Conveyor Milik PT. SBI, Dua Warga Sekitar Perusahaan Ditangkap   |   08:00 . Pelajar Tuban Peduli Korban Semeru, Mulai Salat Gaib hingga Galang Dana   |   07:00 . Cara Atasi Lemas dan Ngantuk Habis Sarapan Menurut Ahli Gizi   |   20:00 . Wamendag: Revitalisasi Pasar Rakyat Perkuat Pemulihan Ekonomi Nasional   |   19:00 . Merantau di Tuban, Residivis Asal Jepara Ini Nekat Gondol Motor Temannya   |   18:00 . Peduli Korban Semeru, Pelajar Tuban Salat Gaib dan Galang Dana   |   15:00 . Overkapasitas, Lagi-lagi Lapas Tuban Terima Pindahan 20 Napi Narkoba   |   14:00 . Suhada Erwin Resmi Jabat Dandim 0811 Tuban   |   13:00 . 7 Kali Dipenjara, Warga Merakurak Lagi-lagi Gasak Handphone Tetangga   |  
Thu, 09 December 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Ekonomi Bergeliat, Pengelola Pantai Semilir Berdayakan Warga Lokal

bloktuban.com | Thursday, 11 November 2021 12:00

Ekonomi Bergeliat, Pengelola Pantai Semilir Berdayakan Warga Lokal

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Jika kalian berkunjung di Pantai Semilir, Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, kalian akan diberikan berbagai macam fasilitas seperti spot foto, musala, panggung musik, aula, gazebo, permainan anak, hingga stand-stand yang menyediakan berbagai macam makanan dan minuman.

Pantai yang sudah dibuka sekitar 1.5 tahunan ini memberdayakan masyarakat Socorejo untuk bekerja dan membuka usaha makanan dan minuman di sekitar tempat pariwisata tersebut.

“Yang jualan dari masyarakat, dari PKK terus RT, RW, dan organisasi masyarakat, pokoknya dari masyarakat setempat,” ujar Hasim salah satu karyawan Pantai Semilir saat ditemui blokTuban.com di lokasi pariwisata pada Kamis (11/11/2021).

Masing-masing stand yang berderet di lokasi Pantai Semilir tersebut sudah bertuliskan spanduk kelompok yang memilikinya seperti stand Pokdarwis, stand Bumdes, stand RW 02, RW 01 dan masih banyak lagi. Selain membuka stand di Pantai Semilir, warga Socorejo juga biasa menitipkan produk- produk yang telah dibuatnya di stand-stand yang telah disediakan.

“Entar masyarakat bikin kue dititipkan disitu gitu juga bisa,” sambungnya.

Untuk bisa membuka stand ataupun menitipkan produk olahan ke Pantai Semilir, masyarakat Socorejo tidak dikenakan biaya ataupun persyaratan apapun.

“Tidak ada syaratnya yang penting masyarakat Socorejo semua, luar desa nggak bisa,” imbuhnya.

Pantai Semilir sendiri mulai dibuka pukul 07.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB, selain sebagai tempat wisata di siang hari, pantai ini juga menyediakan tempat untuk wisatawan yang ingin menikmati udara malam pantai dengan bercamping.

Untuk bisa camping malam di pantai tersebut kalian cukup membayar Rp10 ribu saja setiap orangnya, dan bagi kalian yang ingin menyewa tenda kalian harus memesannya terlebih dahulu, karena di Pantai Semilir sendiri belum menyediakan tenda dan harus diambil dari luar.

“Kalau camping perorang Rp10 ribu semalam, diharuskan minimal bawa dua tenda,” tuturnya.

Dikatakannya, biaya camping Rp10 ribu tersebut sudah bisa mendapatkan beberapa fasilitas selain area perkemahan seperti kamar mandi, listrik, dan juga untuk kebersihan tempat. [sav/mu]

Tag : wisata pantai tuban, pantai utara kabupaten tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more