Pengabdian Masyarakat, Dosen Unair Berikan Pelatihan PHBS di Desa Semen Blitar

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Dosen Fakultas Vokasi Universitas Airlangga melaksanakan Pengabdian Masyarakat dalam bidang kesehatan. Berkolaborasi dengan Mitra Masyarakat, Pelopor Indonesia, kegiatan ini dilakukan di Desa Semen, Kecamatan Gandusari, Blitar selama satu bulan di setiap akhir pekan.

Belgis, M.Si selaku ketua tim mengatakan bahwa topik yang menjadi fokus tim Pengmas dari Vokasi Unair ini adalah kesehatan, berkaitan dengan pandemi Covid-19 yang saat ini sedang terjadi di Indonesia. "Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat setempat akan perilaku hidup bersih dan sehat, protokol kesehatan dan mendorong masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi oleh pemerintah untuk mencegah penyebaran local coronavirus," ujar Belgis.

Kegiatan yang dilakukan setiap akhir pekan di Bulan Agustus 2021 ini, menggunakan metode Focus Group Discussion (FGD) dengan mengumpulkan warga untuk melakukan sosialisasi nilai-nilai PHBS dan protokol kesehatan. Selain, itu Tim Pengmas Unair bersama Mitra juga melakukan sosialisasi door to door  ke seluruh permukiman warga untuk memberikan sosialisasi, baik dalam bentuk lisan ataupun menggunakan media tertulis. Selain menjemput bola pihaknya juga menyediakan paket sanitasi dan multivitamin juga diberikan bersamaan dengan sosialisasi.

"Tujuannya agar masyarakat setempat lebih menyadari pentingnya asupan nutrisi dan vitamin untuk meningkatkan system imun dalam menghadapi pandemi," imbuh salah satu anggota tim, Rizka Oktarianti M.Sc.

Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan, pengetahuan dan kesadaran masyarakat setempat akan perilaku hidup sehat dan protokol kesehatan meningkat setelah diadakannya program pengabdian masyarakat ini. "Harapannya, program pengabdian masyarakat ini dapat membantu mencegah penyebaran penyakit Covid-19 dan menghentikan pandemi di Indonesia," pungkasnya. [ali/sas]