Jaga Prokes: Wisata Religi Mulai Ramai dan Tadarus ASN Diaktifkan

Suasana peziarah yang datang di Makam Sunan Bejagung; (Foto: Dina Zahrotul Aisy)

Editor: Edy Purnomo

blokTuban.com - Kabupaten Tuban merupakan salah satu daerah tempat dimakamkannya para wali sehingga memiliki sebutan sebagai “Kota Bumi Wali”. Makam para wali yang selalu ramai dikunjungi di Kabupaten Tuban antara lain Makam Sunan Bonang, Makam Asmoro Qondi, dan Makam Sunan Bejagung.

Situasi di Makam Syekh Abdullah Asy’ari atau biasa dikenal sebagai Sunan Bejagung Lor ramai dikunjungi peziarah dari berbagai daerah pada malam Jumat wage dan di hari Jumat wage.

Ridwan, salah satu petugas Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB) yang berada di kawasan Makam Sunan Bejagung mengatakan peziarah datang dari berbagai daerah tidak hanya yang berasal dari Tuban saja.

“Biasanya juga ada peziarah di hari biasa, tapi tadi malam lebih ramai sampai jam 3 pagi karena malamnya Jumat Wage,” ujarnya saat ditemui pada Jumat (15/10/21).

BACA SELENGKAPNYA: Jumat Wage, Makam Sunan Bejagung Ramai Dikunjungi Peziarah

Semangat religius di jajaran Pemerintah Kabupaten Tuban era kepemimpinan Bupati Tuban, Adtya Halindra Faridzky kembali teras setelah diaktifkannya kembali tadarrus Al Quran bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dilaksanakan tiap Jumat pagi.

Kegiatan tadarrus tersebut secara teknis diatur oleh Sekda Tuban, Budi Wiyana dalam surat nomor 450/4895/414.012/2021 tentang pengaktifan kembali tadarrus Al Quran.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (DKI) Tuban, Arief Handoyo menjelaskan tadarrus Al Quran dapat diwakili oleh dua ASN di masing-masing OPD yang dilakukan mulai pukul 06.30-07.30 Wib.

BACA SELENGKAPNYA: Kasus Covid-19 Melandai, Bupati Tuban Kembali Aktifkan Tadarrus Al-Quran ASN

Angka kasus Covid-19 di Tuban memang sudah melandai. Wajar apabila kegiatan masyarakat juga semakin ramai. Meski begitu jangan lupa jaga diri dengan menerapkan gaya hidup sehat dengan tetap membiasakan cuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak aman.