Kasus Covid-19 Melandai, Bupati Tuban Kembali Aktifkan Tadarrus Al-Quran ASN

 

Reporter: Ali Imron

 

blokTuban.com - Semangat religius di jajaran Pemerintah Kabupaten Tuban era kepemimpinan Bupati Tuban, Adtya Halindra Faridzky kembali teras setelah diaktifkannya kembali tadarrus Al Quran bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dilaksanakan tiap Jumat pagi.

 

Kegiatan tadarrus tersebut secara teknis diatur oleh Sekda Tuban, Budi Wiyana dalam surat nomor 450/4895/414.012/2021 tentang pengaktifan kembali tadarrus Al Quran.

 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (DKI) Tuban, Arief Handoyo menjelaskan tadarrus Al Quran dapat diwakili oleh dua ASN di masing-masing OPD yang dilakukan mulai pukul 06.30-07.30 Wib.

 

Bagi ASN yang bekerja di lingkungan Sekretariat Daerah, Bappeda, BPPKAD, dan Satpol PP dapat melakukan tadarrus di Masjid Agung, Masjid Fathur Rohmat dan Musala Al Furqon sesuai jadwal yang ditentukan.

 

"ASN yang lain dapat melakukan tadarrus di Musala masing-masing OPD," kata Arief Handoyo, Jumat (15/10/2021).

 

Mantan Kabag Hukum Pemkab Tuban ini menambahkan, khusus kepala Dinas Pendidikan dan Kesehatan untuk mengarahkan tadarrus Al Quran kepada pihak SD dan SMP serta Puskesmas di 20 kecamatan.

 

Tadarrus Al Quran dapat dilaksanakan menggunakan pengeras suara, akan tetapi tetap harus menerapkan protokol kesehatan ketat. Mulai dari memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak aman saat melakukan tadarrus.

 

"Tadarrus Al Quran telah dimulai sejak bulan Agustus hingga Desember 2021. Sudah dibagi jadwalnya semuanya. OPD dan dimana lokasi tadarusnya," terangnya.

 

Diketahui, tadarrus Al Quran digencarkan bagi ASN di Tuban untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta spiritual dalam upaya menambah semangat kerja dan melayani masyarakat.

 

Di era pemimpin sebelumnya juga memiliki program religi. Dia ngaji setiap hari Sabtu pagi di Masjid kompleks Pendopo Krida Manunggal Tuban. [ali/col]