Jumat Wage, Makam Sunan Bejagung Ramai Dikunjungi Peziarah

 

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

 

blokTuban.com- Kabupaten Tuban merupakan salah satu daerah tempat dimakamkannya para wali sehingga memiliki sebutan sebagai “Kota Bumi Wali”. Makam para wali yang selalu ramai dikunjungi di Kabupaten Tuban antara lain Makam Sunan Bonang, Makam Asmoro Qondi, dan Makam Sunan Bejagung.

 

Situasi di Makam Syekh Abdullah Asy’ari atau biasa dikenal sebagai Sunan Bejagung Lor ramai dikunjungi peziarah dari berbagai daerah pada malam Jumat wage dan di hari Jumat wage.

 

Ridwan, salah satu petugas Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB) yang berada di kawasan Makam Sunan Bejagung mengatakan peziarah datang dari berbagai daerah tidak hanya yang berasal dari Tuban saja.

 

“Biasanya juga ada peziarah di hari biasa, tapi tadi malam lebih ramai sampai jam 3 pagi karena malamnya Jumat Wage,” ujarnya saat ditemui pada Jumat (15/10/21).

 

Selain berziarah, orang-orang datang ke Makam Sunan Bejagung juga untuk mengambil air di Sumur Giling yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Banyak dari mereka yang mengantri mandi menggunakan air sumur tersebut, juga membawa beberapa botol untuk dibawa pulang ke rumah masing-masing.

Salah satu peziarah yang datang dari Kecamatan Ujungpangkah, Kota Gresik adalah Rofiqoh. Ia baru pertama kali mengunjungi Makam Sunan Bejagung untuk memandikan anaknya yang baru sembuh dari sakit dengan air Sumur Giling Bejagung.

 

“Anak saya sakit ada kalau 25 hari nggak sembuh-sembuh. Tapi sekarang sudah sembuh terus nazar gitu diajak mandi di sini sama mertuanya. Kalau nggak dilakukan takutnya kenapa-napa nanti,” ujarnya.

 

Selain Rofiqoh, Utwati asal Desa Tunah, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban juga datang ke makam Sunan Bejagung bersama suami dan anaknya untuk mandi dengan air sumur giling.

 

“Dulu sekeluraga habis sakit yang waktunya Corona-Corona itu, terus saya ajak mandi di sini. Saya bilang ke anak saya, ayo cung ndang waras engko adus ning Bejagung,” sambungnya.

 

Utwati juga mengaku sudah beberapa kali mandi dengan air Sumur Giling dan mengatakan bahwa rasanya lebih enak di badan. “Nggak tahu kok bisa begitu ya, insyaAllah kalau dikabulkan yakin sembuh,” pungkasnya. [din/lis]