14:00 . Kasus Covid-19 Naik, Menko Marves Belum Berpikir Terapkan PPKM Darurat   |   13:00 . Kaya Akan Gizi, Perempuan Ini Sulap Olahan Ikan Tongkol Jadi Abon   |   10:00 . Cerita Pelaku UMKM Mempertahankan Bisnisnya di Tengah Pandemi   |   09:00 . Masih Banyak ODGJ Terlantar, Komunitas Resik Tuban Ingin Bantu Para ODGJ   |   08:00 . Didemo Pemuda Enam Desa, Ini Jawaban Pertamina Rosneft   |   07:00 . Terapkan Isi Piringku dalam Gizi Seimbang untuk Cegah Obesitas   |   20:00 . Kendalikan Omicron Tuban Buat Pamor Keris   |   19:00 . Dulu Warga Kampung Miliarder Kaya Raya, Sekarang Susah Makan Tak Punya Pekerjaan   |   18:00 . Beberapa Hari Nihil, Kasus Covid-19 di Tuban Naik 6 Orang Suspect Dalam Sehari   |   17:00 . Relaksasi Bisa Jadi Cara Penanganan Nyeri Ringan Tanpa Obat   |   16:00 . Juli, Kemenag Tuban Targetkan Anggaran Program Kerja Terealisasi 75 Persen   |   15:00 . Pemuda Kaliuntu Klaim Dapat Pesan Bernada Ancaman Sebelum Demo   |   14:00 . Demo Memanas, Kades Ring 1 GRR Marahi Pegawai Hingga Ancam Lapor Ahok   |   13:00 . Kapolres Tuban Minta Korban Penipuan Investasi Bodong Segera Lapor   |   12:00 . Petani Keluhkan Pupuk Subsidi yang Susah Didapatkan   |  
Wed, 26 January 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Jumat Wage, Makam Sunan Bejagung Ramai Dikunjungi Peziarah

bloktuban.com | Friday, 15 October 2021 18:00

Jumat Wage, Makam Sunan Bejagung Ramai Dikunjungi Peziarah Suasana peziarah yang datang di Makam Sunan Bejagung; (Foto: Dina Zahrotul Aisy)

 

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

 

blokTuban.com- Kabupaten Tuban merupakan salah satu daerah tempat dimakamkannya para wali sehingga memiliki sebutan sebagai “Kota Bumi Wali”. Makam para wali yang selalu ramai dikunjungi di Kabupaten Tuban antara lain Makam Sunan Bonang, Makam Asmoro Qondi, dan Makam Sunan Bejagung.

 

Situasi di Makam Syekh Abdullah Asy’ari atau biasa dikenal sebagai Sunan Bejagung Lor ramai dikunjungi peziarah dari berbagai daerah pada malam Jumat wage dan di hari Jumat wage.

 

Ridwan, salah satu petugas Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB) yang berada di kawasan Makam Sunan Bejagung mengatakan peziarah datang dari berbagai daerah tidak hanya yang berasal dari Tuban saja.

 

“Biasanya juga ada peziarah di hari biasa, tapi tadi malam lebih ramai sampai jam 3 pagi karena malamnya Jumat Wage,” ujarnya saat ditemui pada Jumat (15/10/21).

 

Selain berziarah, orang-orang datang ke Makam Sunan Bejagung juga untuk mengambil air di Sumur Giling yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Banyak dari mereka yang mengantri mandi menggunakan air sumur tersebut, juga membawa beberapa botol untuk dibawa pulang ke rumah masing-masing.

Salah satu peziarah yang datang dari Kecamatan Ujungpangkah, Kota Gresik adalah Rofiqoh. Ia baru pertama kali mengunjungi Makam Sunan Bejagung untuk memandikan anaknya yang baru sembuh dari sakit dengan air Sumur Giling Bejagung.

 

“Anak saya sakit ada kalau 25 hari nggak sembuh-sembuh. Tapi sekarang sudah sembuh terus nazar gitu diajak mandi di sini sama mertuanya. Kalau nggak dilakukan takutnya kenapa-napa nanti,” ujarnya.

 

Selain Rofiqoh, Utwati asal Desa Tunah, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban juga datang ke makam Sunan Bejagung bersama suami dan anaknya untuk mandi dengan air sumur giling.

 

“Dulu sekeluraga habis sakit yang waktunya Corona-Corona itu, terus saya ajak mandi di sini. Saya bilang ke anak saya, ayo cung ndang waras engko adus ning Bejagung,” sambungnya.

 

Utwati juga mengaku sudah beberapa kali mandi dengan air Sumur Giling dan mengatakan bahwa rasanya lebih enak di badan. “Nggak tahu kok bisa begitu ya, insyaAllah kalau dikabulkan yakin sembuh,” pungkasnya. [din/lis]

 

 

Tag : Makam, sunan, bejagung



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more