Disuntik Vaksin, Napi Lapas Tuban Senang Tak Perlu Mengantre

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Ratusan Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tuban Kanwil Kemenkumham Jawa Timur mengikuti serbuan vaksin COVID-19 yang digelar Polres Tuban . Sebagian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) mendapat suntikan dosis pertama dan kedua, Sabtu(16/10/2021).

Narapidana kasus Narkotika asal Sidoarjo, SY (35) mengungkapkan dirinya bersyukur mendapatkan vaksin di Lapas dengan mudah. Dirinya kemudian membandingkan dengan orang-orang yang di luar.

“Saya bersyukur sekali bisa mendapat dua kali vaksin di sini. Alhamdulillah tidak perlu capek-capek antri seperti di luar Lapas," kata pria yang hampir satu tahun mendekam di Lapas Tuban.

Sementara itu, Kepala Seksi Pembinaan Anak Didik & Kegiatan Kerja, Pujiono menjelaskan vaksinasi ini sebagai bentuk tindak lanjut dan upaya pencegahan penyebaran Virus Covid-19 di Lapas Tuban.

“Dari 398 orang warga binaan, kita target yang akan divaksin sebanyak 200 orang, namun hari ini hanya diikuti oleh 146 orang," imbuh Pujiono

Dia menambahkan, dari koordinasi bersama dengan Polres Tuban, syarat utama WBP yang ingin mengikuti vaksinasi ini adalah nomor induk kependudukan.
Napi yang belum divaksin ada berbagai sebab, diantaranya tidak lolos dalam screning oleh petugas.

Puluhan warga binaan antre dengan tertib menunggu giliran divaksinasi. Kegiatan dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat dan Penjagaan yang ketat dari Lapas Tuban dan pihak Polres.

Di waktu yang sama Pujiono mengucapkan banyak terima kasih kepada Kapolres Tuban bersama seluruh jajaran sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik.

"Kami tentu berterima kasih atas bantuan vaksinasi ini, semoga sinergi kita antar aparat penegak hukum tetap terjaga dengan baik," ucapnya dalam keterangannya. [ali/mu]