12:00 . Ukuran Bank Dunia, Ketimpangan Penduduk Tuban Rendah   |   11:00 . Ekonomi Tuban 2021 Naik 3,00 persen, Ini Penyebabnya   |   10:00 . Data Imunisasi Anak akan Tersimpan di Aplikasi PeduliLindungi   |   09:00 . Tak Layak untuk Ibadah dan Mengaji, Musala Al Ikhlas Desa Kaligede Akhirnya Direhab Satgas TMMD   |   19:00 . Halal Bihalal di Tuban, Sekum PP Muhammadiyah : Penyakit PMK Jangan Dianggap Remeh   |   17:00 . Gerindra Tuban Tancap Gas, Siap Antarkan Prabowo Subianto ke RI-1   |   16:00 . Libur Akhir Pekan, Yuk Intip Keseruan Anak-anak Bermain Air di Pantai Pasir Putih   |   14:00 . Pantai Semilir Tuban Punya Wahana Baru Banana Boat, Segini Tarifnya   |   13:00 . Ratusan Karya Seni Rupa Siswa Tuban Dipamerkan di Wisata Pantai Kelapa   |   12:00 . Jokowi Tegaskan Perang Tak Untungkan Siapapun, Mendag Fokus Pemulihan Ekonomi ASEAN   |   11:00 . Siap-siap! Vendor SIG Tuban yang Abaikan K3 Terima Skorsing   |   10:00 . Sepenggal Kisah Sumur Gemuling dan Lingga Yoni di Masjid Al-Falah Tuban   |   09:00 . Raden Santri, Kerabat Sunan Muria di Desa Cangkring   |   08:00 . Mendag Lutfi: Penguatan ASEAN Kunci Pertumbuhan Ekonomi Kawasan   |   16:00 . Jangan Takut Cepat Pudar, Begini Cara Mencuci Pakaian Hitam Agar Tetap Pekat dan Terlihat Baru   |  
Tue, 17 May 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Berbagai Alasan Mereka Tak Pakai Perahu Tambangan Bengawan

bloktuban.com | Thursday, 14 October 2021 12:00

Berbagai Alasan Mereka Tak Pakai Perahu Tambangan Bengawan Perahu penyeberangan di Sungai Bengawan Solo. (Foto: blokTuban.com/M. Anang Febri

Reporter : M. Anang Febri

blokTuban.com - Akses terdekat masyarakat di Tuban bagian selatan yang ingin ke Bojonegoro, saat ini hanya tersedia dua alternatif. Pakai perahu tambangan, atau memutar lewat ruas jalan Desa Menilo untuk kendaraan roda 2, dan memutar jalur Ponco-Parengan bagi kendaraan roda 4 atau lebih.

Jika dilihat sekilas, menggunakan transportasi air sebagai pemotong rute begitu efektif. Karena jarak yang ditempuh juga hampir sama dengan lewat Jembatan Glendeng ketika belum rusak dulu.

Akan tetapi, diantara banyaknya masyarakat yang memilih jalur perahu tambangan sebagai alternatif saat jembatan penghubung Tuban-Bojonegoro diperbaiki, tak sedikit pula yang rela menempuh jalur putar. Yakni dengan melipir melintasi tepian Bengawan Solo, dengan akses jalanan Desa Menilo Kecamatan Soko.

"Kalau lewat perahu tambangan pernah sekali. Tapi sekarang gak mau lagi," kata Tika, seorang warga Desa Simo, Kecamatan Soko yang sehari-hari bekerja di kawasan Kota Ledre, Kamis (14/10/2021).

Bukan tanpa sebab perempuan yang bekerja sebagai tenaga kesehatan itu tak mau lagu lewat jalur seberangan Bengawan Solo. Namun ada satu peristiwa yang membuatnya kapok, tak mau mengulang lagi.

"Sekali nyeberang pakai perahu tambangan malah jadi mabuk. Mual sampai muntah, jadi gak enak badan," lengkapnya lagi.

Pakai perahu tambangan mabuk. Lewat jalan Desa Menilo pun lumayan jauh, ketambahan lagi kontur jalan yang rusak nan sempit, juga bahaya kendaraan truk lewat yang keluar masuk area tambang galian tanah.

"Jadinya ya hanya pulang seminggu sekali. Menginap di tempat praktek dokter, dari pada harus bolak-balik lewat jalan yang rusak pas malam," pungkasnya.

Hal senada juga dipaparkan Nurma, seorang pegiat UMKM makanan ringan asal Desa Pekuwon, Kecamatan Rengel. Ia lebih memilih putar jalur melintasi jalan turut Desa Menilo ditengah proses pembangunan jembatan Glendeng berlangsung.

Ketika hendak mengantar produk olahannya ke Bojonegoro kota, ia tak suka berlama-lama tunggu antrean di lokasi tambangan perahu penyeberangan. Apalagi dengan barang bawaan yang tak sedikit, juga akan memakan ruang di perahu seberangan.

"Jembatan Glendeng ambrol sudah setahun lebih, ya muter lewat Desa Menilo kalau mau ke Bojonegoro, Mas. Tinggal nunggu pemerintah yang baik, semoga cepat selesai dibangun lagi," ucapnya kepada blokTuban.com. [feb/sas].

Tag : perahu, penyeberang, soko, tuban, glendeng, jembatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more