Teuku Tegar, Pelompat Galah Tuban Pecahkan Rekor dan Raih Emas

 

Reporter: Ali Imron

 

blokTuban.com - Teuku Tegar Abadi kembali mengharumkan nama Kabupaten Tuban dan Provinsi Jawa Timur di ajang PON XX Papua tahun 2021. Tegar memecahkan rekor dengan melompat setinggi 5,15 meter di Stadion Atletik Mimika Sport Complex pada Senin (11/10) kemarin.

 

Jangkauan lompatannya tersebut melampaui catatan rekor Nunung Jayadi dari DKI Jakarta yang setinggi 5,10 meter di PON 2000. Teuku, usai laga, mengatakan prestasinya tersebut merupakan bukti jika atlet di luar DKI Jakarta patut diperhitungkan.

 

"Rekor itu menunjukan orang daerah juga bisa berbicara banyak di PON," ujar Teuku yang dulu sempat dikeluarkan dari pelatnas dilansir dari Antara.

 

Pada PON Papua kali ini, Tegar sebenarnya masih bisa menorehkan rekor lagi, dengan melompat lebih tinggi dari raihan Idan Fauzan Richsan dari Jawa Barat yang mampu menjangkau angka 5,30 meter.

 

Sayangnya, Teuku mengalami cedera pada pergelangan kaki kiri, sehingga dia tak bisa melanjutkan laga. Tegar berhasil memecahkan rekor sekaligus mengamankan satu medali emas untuk Jatim pada PON Papua. Prestasi tersebut merupakan revans dari penampilannya di PON XIX 2016 Jawa Barat kala itu dia hanya mampu menjadi runner up. 

 

Diketahui, penyelenggaraan hari ketujuh cabang olahraga atletik di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua memperebutkan enam medali emas. Berdasarkan data yang dihimpun, Senin pagi, keenam medali emas tersebut akan diperebutkan di nomor final lompat galah putra, lempar lembing putri, 1.500 meter putri, 1.500 meter putra, 200 meter putri, dan 200 meter putra.

 

Di final nomor lompat galah putra akan diikuti tujuh atlet, termasuk atlet Jawa Timur Teuku Tegar Abadi, atlet Jawa Barat Alif M. Baskar, dan atlet DKI Jakarta peraih medali emas Kejuaraan Nasional Atletik 2019 Frederick Saputra.

 

Sekretaris Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tuban, Zaenal Maftuchin bersyukur atlet kelahiran Tuban kembali meraih emas di ajang bergengsi PON. Diharapkan prestasi ini memacu atlet lain untuk mengharumkan nama Jatim.

 

"Tegar mengalahkan atlet DKI. DKI lompatan pertama di 5.10 meter gagal dan Tegar berhasil. Kemudian di lompatan kedua, di 5.15 meter Tegar berhasil dan DKI gagal lagi. Emas yang diraih Tegar merupakan emas pertama untuk Jatim di Cabor Atletik," pungkasnya kepada reporter blokTuban.com, Selasa (12/10/2021). [ali/col]