15:00 . Bupati Halindra Tantang Atlet Tenis Meja   |   14:00 . PTMSI Gelar Kejuaraan Tenis Meja Porkab VI Tuban   |   13:00 . Nyaris Tertimpa Warung yang Ambruk   |   12:00 . Kades Tegalbang Minta Ada Riset, DLH: Peta Gas Tuban hanya di Sumber Merakurak   |   11:00 . Ketiga Kalinya Gas Keluar dari Galian Sumur Warga Desa Tegalbang   |   10:00 . Lebih Hemat Pakan, Peternak Lele di Tuban Berbagi Trik ke Pemula   |   09:00 . Manfaatkan Tradisi Ritual di Makam Wali untuk Kampanye Vaksinsasi   |   08:00 . Update Corona di Tuban Tambah 3 Kasus Positif Baru   |   07:00 . Benarkah Media Sosial Bikin Empati dan Rasa Tulus Masyarakat Berkurang?   |   21:00 . Langganan Banjir, Ini Kata Perangkat Desa Magersari   |   20:00 . Banjir di Pusat Kota Tuban, Bupati Sebut Sudah Ada Penanganan Konkrit   |   19:00 . Dam Deker Jebol, Puluhan Rumah Warga Simo Terendam Banjir   |   18:00 . Efektif, Kampanye Vaksin Saat Ritual Dawetan Bejagung   |   17:00 . Desa Klutuk Tambakboyo Diterjang Puting Beliung, Bangunan Rumah hingga Warung Hancur   |   16:00 . Surati Gubernur Jatim, Buruh Tuban Tolak Penerapan PP 36 Tahun 2021 di UMK 2022   |  
Sat, 27 November 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Keistimewaan Goa Ngerong, Ada Ikan Keramat dan Ribuan Kelelawar

bloktuban.com | Friday, 08 October 2021 18:00

Keistimewaan Goa Ngerong, Ada Ikan Keramat dan Ribuan Kelelawar Ikan keramat di aliran sungai goa Ngerong telah bersahabat dengan pengunjung yang berenang. (Foto: Savira)

 

Reporter: Savira Wahda Sofyana

 

blokTuban.com - Kabupaten Tuban memang kaya akan goa, salah satu goa yang selalu menjadi perhatian masyarakat daerah Tuban dan sekitarnya adalah Goa Ngerong. Goa Ngerong ini berada di Desa Rengel, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban.

 

Goa Ngerong bisa menjadi salah satu alternatif wisata saat sedang berada di wilayah Tuban. Para pengunjung yang masuk ke dalam goa tersebut, akan dibuat takjub dengan ribuan kelelawar yang menggantung di dinding-dinding goa.

 

Selain ribuan kelelawar, ada juga ribuan ikan keramat yang berada di aliran air yang mengalir di sepanjang goa. Ikan ini dipercaya oleh masyarakat sebagai ikan keramat, oleh karena itu meski ikan di Goa Ngerong melimpah, masyarakat tidak berani mengambil ikan-ikan tersebut.

 

Untuk bisa masuk dan menikmati wisata Goa Ngerong, kalian cukup membayar biaya tiket Rp5000 untuk orang dewasa, dan Rp3000 untuk anak-anak.

Di dalam goa, para pengunjung bisa menikmati keeksotisan Goa Ngerong sambil memberi makan ikan-ikan tersebut. Banyak pedagang di dalam goa yang menjual makanan ikan seperti roti, kacang, hingga biji kapas.

 

Setelah makanan ikan dilemparkan kedalam air, maka ribuan ikan tersebut akan langsung berebut dan melahap seluruh makanannya. Selain memberi makan ikan keramat, para wisatawan juga bisa bermain air, karena air di dalam goa tersebut cukup dangkal, biasanya anak-anak bermain air dengan menggunakan perahu karet yang sudah tersedia di dalamnya.

 

Meskipun bukan hari libur, namun masih banyak wisatawan yang berkunjung ke Goa Ngerong. Salah satunya Siroj, pemuda asal Bojonegoro, ia mengaku baru pertama kali mengunjungi tempat ini, dan setelah masuk ia takjub dan heran dengan pesona yang ada di dalam goa tersebut.

 

"Ini pertama kali, biasanya cuma lewat aja karena saudara rumahnya dekat dari sini, dan pengen liburan juga akhirnya mampir kesini," ucapnya saat ditemui blokTuban.com pada Jum'at (8/10/2021).

 

Menurut pengakuannya ia merasa tenang dan damai saat berada didalam goa lantaran suasana alamnya yg masih sangat alami.

 

"Menikmati suasana yang tenang sambil memberi makan ikan-ikan, sensasinya beda aja," tutupnya. [sav/lis]

 

 

 

Tag : Goa, Ngerong, ikan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more