06:00 . Potret Ritual Tuku Banyu Nggawan Kebomlati di Tuban   |   05:00 . 10 Balita di Tuban Dimandikan di Sungai Bengawan Solo, Bakar Sajen lalu Diberi Paha Ayam Goreng   |   23:59 . Cek Namamu di Link Pemilu Ini, Lapor ke Bawaslu Tuban Jika Merasa Dicatut Partai Politik   |   23:00 . Telepon, Alamat, dan Harga Hias Sepeda Maskot Karnaval dan Pengiring di Tuban   |   21:00 . Honor Petugas Badan Ad Hoc Pemilu 2024 Setara UMK Tuban   |   20:00 . Tak Merasa Ikut Partai Politik, 3 Warga Tuban yang Namanya Dicatut Lapor Bawaslu   |   19:00 . Mengintip Pembuatan Kostum Karnival di Tuban Seharga Ratusan Ribu hingga Jutaan Rupiah   |   18:00 . Sosok Ipda Kistelya Pratayama Ray, Perempuan Asal Riau yang Suka Becek Mentok Khas Tuban   |   17:00 . BMKG Prediksi Cuaca di Tuban 9 Agustus 2022: Malam Hari Hujan Ringan   |   16:00 . Literasi Sekolah Anak, Pemuda Tuban Ini akan Safari ke 50 Sekolah di Jawa Timur   |   15:00 . Tumbuhkan Minat Baca Tulis Pelajar, Gerakan Safari Literasi akan Menyasar Sekolah dari Tuban hingga Madura   |   14:00 . Warga Desa Wukiharjo Tuban Ramai-ramai Bikin Nugget dan Jamur dari Jagung, hingga Bouket   |   13:00 . Ini Jadwal dan Lokasi Semarak Agustus di Lamongan, Mulai Agustus Sampai Oktober 2022   |   12:00 . Selasa 9 Agustus 2022: Dua Hari Daging Ayam dan Bawang Merah di Tuban Turun, Diikuti Cabai Biasa   |   11:00 . Jawara Kicau Nasional, Burung Murai ini Ditawar Rp100 Juta   |  
Wed, 10 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Unik! Petani Tuban Andalkan Burung Hantu Usir Hama Tikus

bloktuban.com | Tuesday, 28 September 2021 15:00

Unik! Petani Tuban Andalkan Burung Hantu Usir Hama Tikus Pagupon/Rumah burung Hantu dipasang petani di tengah area sawah

Reporter:h Savira Wahda Sofyana

 

blokTuban.com – Hama tikus merupakan salah satu sumber masalah yang sering dialami oleh para petani. Hal ini disebabkan karena tikus sering kali menjadi penyebab kerusakan pada tanaman dan menimbulkan kerugian bagi para petani.

Namun saat ini petani di Dusun Mojo Terong, Desa Kedungsoko, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban punya cara unik untuk membasmi hama tikus dengan menggunakan burung hantu.

Burung hantu yang digunakan oleh para petani Kedungsoko merupakan burung hantu dengan jenis Tyto Alba. Metode penggunaan burung hantu ini sudah dimulai sejak 5 tahun yang lalu.

Bermula dari salah seorang warga dari kelompok tani di desa ini melakukan pelatihan bersama kelompok tani lainnya di Blitar.

“Pertama ada musyawarah dari desa terlebih dahulu, terus ada ide seperti itu kemudian dibuat,” Ucap Muhammad Roi (45) salah satu petani saat ditemui di persawahan miliknya pada Selasa, (28/09/2021).

Burung Hantu memang dinilai sangat ampuh untuk membantu para petani mengusir hama tikus, namun biasanya para petani Kedungsoko ini tidak serta merta mengandalkan predator alama tikus ini saja.

“Ya biasanya tetap dipasang racun tikus juga, kan kalau burung hantu paling-paling 2 tikus aja udah kenyang,” ujarnya.

Seiring waktu jumlah burung-burung hantu di daerah tersebut semakin banyak. Biasanya burung hantu berdatangan secara sendirinya pada malam hari dan melakukan aksinya dengan memangsa tikus-tikus yang menjadi keresahan warga selama ini.

“Kalau siang burungnya berkeliaran, kalau sudah mulai petang baru pulang ke rumahnya,” jelasnya.

Untuk menjadikan burung hantu sebagai predator alami tikus, petani Kedungsoko ini membuat pagupon atau rumah-rumahan burung dibeberapa area persawahan. Roi juga mengatakan bahwa dampak yang dirasakan setelah adanya burung hantu tersebut adalah berkurangnya hama tikus yang selama ini menyerang persawahan mereka. [sav/lis]

 

 

 

Tag : Petani, pagupon, burung



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat