06:00 . Potret Ritual Tuku Banyu Nggawan Kebomlati di Tuban   |   05:00 . 10 Balita di Tuban Dimandikan di Sungai Bengawan Solo, Bakar Sajen lalu Diberi Paha Ayam Goreng   |   23:59 . Cek Namamu di Link Pemilu Ini, Lapor ke Bawaslu Tuban Jika Merasa Dicatut Partai Politik   |   23:00 . Telepon, Alamat, dan Harga Hias Sepeda Maskot Karnaval dan Pengiring di Tuban   |   21:00 . Honor Petugas Badan Ad Hoc Pemilu 2024 Setara UMK Tuban   |   20:00 . Tak Merasa Ikut Partai Politik, 3 Warga Tuban yang Namanya Dicatut Lapor Bawaslu   |   19:00 . Mengintip Pembuatan Kostum Karnival di Tuban Seharga Ratusan Ribu hingga Jutaan Rupiah   |   18:00 . Sosok Ipda Kistelya Pratayama Ray, Perempuan Asal Riau yang Suka Becek Mentok Khas Tuban   |   17:00 . BMKG Prediksi Cuaca di Tuban 9 Agustus 2022: Malam Hari Hujan Ringan   |   16:00 . Literasi Sekolah Anak, Pemuda Tuban Ini akan Safari ke 50 Sekolah di Jawa Timur   |   15:00 . Tumbuhkan Minat Baca Tulis Pelajar, Gerakan Safari Literasi akan Menyasar Sekolah dari Tuban hingga Madura   |   14:00 . Warga Desa Wukiharjo Tuban Ramai-ramai Bikin Nugget dan Jamur dari Jagung, hingga Bouket   |   13:00 . Ini Jadwal dan Lokasi Semarak Agustus di Lamongan, Mulai Agustus Sampai Oktober 2022   |   12:00 . Selasa 9 Agustus 2022: Dua Hari Daging Ayam dan Bawang Merah di Tuban Turun, Diikuti Cabai Biasa   |   11:00 . Jawara Kicau Nasional, Burung Murai ini Ditawar Rp100 Juta   |  
Wed, 10 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Menyongsong Era Digital, Madrasah di Tuban Harus Lebih Maju

bloktuban.com | Tuesday, 28 September 2021 19:00

Menyongsong Era Digital, Madrasah di Tuban Harus Lebih Maju

Reporter: Khoirul Huda

 

blokTuban.com - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban, Sahid menyampaikan pendidikan madrasah di Kabupaten Tuban harus selangkah lebih manju.

 

Hal itu disampaikan Sahid dalam acara 'Menuju Anugerah Inovasi Madrasah Digital Jawa Timur' di gedung PLHUT Kemenag Tuban yang diselenggarakan atas kerjasama Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur dengan PT Infra Digital Nusantara (IDN) dengan peserta puluhan Kepala Madrasah, Kepala RA serta bendahara, Selasa (28/09/2021).

 

"Madrasah harus selangkah lebih maju dan terus semangat meningkatkan mutu dan kualitasnya di era transformasi digital," ujar Sahid dalam sambutanya.

 

Menurutnya, transformasi digital masuk dalam program unggulan Kemenag sampai tahun 2024. Menyongsong era digital, madrasah harus berkecimpung dan masuk didalamnya. "Dunia sekarang adalah era digital dan kita adalah pelayan masyarakat," imbuhnya.

 

Pria berkacamata ini menuturkan, semua tenaga pendidik dan kependidikan harus mampu mengelola pendidikan dengan menyesuaikan diri dan adaptasi dengan keadaan.

 

Seluruh Kepala Madrasah, kata Sahid harus punya komitmen yang tinggi, berpikir bagaimana madrasah di Kabupaten Tuban bisa sama dengan madrasah yang sudah maju di kabupaten lain. 

 

"Madrasah harus lebih maju, terimakasih Tim Pendampingan IDN dan ini harus diimbangi respon positif dari madrasah dan harus proaktif, bersama kita bisa," harapnya.

 

Sementara itu, Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Tuban, Hadi Sarjono mengungkapkan kegiatan ini dilaksanakan secara tatap muka. 

 

"Jumlah total 613 lembaga, dengan peserta 1.226 Kepala/Bendahara se Kabupaten Tuban, dilaksanakan mulai tanggal 27 September sampai 8 Oktober 2021 secara bergantian," ujarnya.

 

Muhammad Irvan selaku bagian dari Jaringan IDN menjelaskan dengan acara ini minimal data-data di madrasah berdasarkan Emis sudah valid dan setiap lembaga memiliki website sendiri. 

 

"Setiap tahunnya akan dilakukan pendampingan per wilayah kerja dan akan ditutup dengan anugerah untuk madrasah digital terbaik di setiap wilayah kerja," jelasnya. 

 

Selama tiga tahun, setelah semua wilayah kerja kota/kabupaten telah merealisasikan rangkaian kegiatan ini maka akan ditutup dengan Anugerah Inovasi Madrasah Digital Best of The Best untuk memberikan penghargaan bagi madrasah yang menerapkan digitalisasi madrasah dengan terbaik.

 

Sekadar diketahui, acara Menuju Anugerah Inovasi Madrasah Digital Jawa Timur terselenggara atas kerjasama Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur dengan PT Infra Digital Nusantara (IDN) dalam rangka

 

digitalisasi dunia pendidikan demi menyongsong Revolusi Industri 4.0. Ada 8 kabupaten yang disinggahi oleh Jaringan IDN ini, di antaranya Kantor Kemenag Tuban.[hud/col]

 

Tag : Era, digital, emis, kemenag



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat