Warung di Tuban Ini Gratiskan Makan bagi Anak Yatim Piatu

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Warung makan di Jalan Basuki Rahmat atau di jantung Kota Tuban yang sederhana kini mulai ramai dikunjungi pecinta kuliner seafood khas pedesaan. Nama warung yang mengusung konsep prasmanan tersebut adalah Warung Mak Tie.

Sekilas tidak ada bedanya dengan warung-warung lainnya di Kabupaten Tuban. Yang spesial di warung dominan warna hijau itu menggratiskan makanan setiap hari bagi anak yatim dan piatu.

Pengelola Warung Mak Tie sengaja tidak membatasi kuota anak yatim dan piatu yang ingin makan gratis. Bahkan dalam sehari, seorang anak yatim dan piatu bisa makan sampai tiga kali gratis.

Pengelola atau Manager Warung Mak Tie, Muhammad Yasin menyampaikan, program makan gratis bagi anak yatim piatu ini berlaku seterusnya dan setiap saat.

“Makan gratis ini tidak ada batasnya artinya kapanpun anak yatim dan piatu di Tuban yang butuh makan silahkan mampir ke Warung Mak Tie," ujar Yasin kepada blokTuban.com, Minggu (19/9/2021).

Pada awal pembukaan warung pada lima hari lalu, lanjut Yasin sudah ada lima anak yatim yang berlangganan makan gratis di warug Mak Tie. Kelima anak yatim yang merupakan warga sekitar yang biasa makan di sini pada pagi dan malam hari.

“Sudah lima hari ini kita ada anak yang berlangganan makan disini. Itu anak yang tinggal sekitar warung sini,” imbuhnya.

Makan gratis tersebut berlaku bagi seluruh anak yatim piatu tanpa terkecuali, dengan batasan usia maksimal setara pelajar SMA. Harapannya program makan gratis tersebut mampu memberikan manfaat bagi anak yatim dan piatu. Selain itu juga membawa kebaikan pada warug Mak Tie sendiri.

Yasin menambahkan, bagi pecinta kuliner seafood Ikan Manyung juga wajib mampir. Kelezatan ikan manyung begitu terasa karena disiram bumbu mangut.

"Manyungnya enak, dan kuah mangutnya juga pedas," kata Ari, pengunjung warung.

Ari menganggap rasa masakan ikan ini seperti masakan di pedesaan yang bumbunya berasa kuat. Masakannya bikin nagih. Selain manyung, juga ada lauk ikan lain dan dapat dikatakan kuliner ikan di Warung Mak Tie lengkap.

Mangut manyung di warung ini dibandrol ekonomis Rp35,.000 sampai Rp55.000 per porsi, garang asem manyung seharga Rp35.000 sampai Rp50.000, kare rajungan seharga Rp40.000 sampai Rp 60.000 per porsi.

Oseng telur cumi, telur manyung, telur balak, jeroan ayam, oseng usus seharga Rp 5.000 per porsi. Bila ingin menikmati oseng telur rajungan, cukup membaar Rp 7.000 per porsi 

"Menu spesialnya adalah menu khas laut. Jadi, kami hadir di tengah kota untuk menyediakan masakan khas pesisir Tuban," tutup Yasin. [ali/col]