08:00 . Ini Rangkaian Bengawan Jazz Festival 2022 di Lamongan, Dimeriahkan Musisi Asal Bandung dan Lokal   |   07:00 . Prediksi BMKG Cuaca di Tuban 10 Agustus 2022: Pagi Sebagian Berawan, Siang sampai Malam Hujan Ringan   |   06:00 . Potret Ritual Tuku Banyu Nggawan Kebomlati di Tuban   |   05:00 . 10 Balita di Tuban Dimandikan di Sungai Bengawan Solo, Bakar Sajen lalu Diberi Paha Ayam Goreng   |   23:59 . Cek Namamu di Link Pemilu Ini, Lapor ke Bawaslu Tuban Jika Merasa Dicatut Partai Politik   |   23:00 . Telepon, Alamat, dan Harga Hias Sepeda Maskot Karnaval dan Pengiring di Tuban   |   21:00 . Honor Petugas Badan Ad Hoc Pemilu 2024 Setara UMK Tuban   |   20:00 . Tak Merasa Ikut Partai Politik, 3 Warga Tuban yang Namanya Dicatut Lapor Bawaslu   |   19:00 . Mengintip Pembuatan Kostum Karnival di Tuban Seharga Ratusan Ribu hingga Jutaan Rupiah   |   18:00 . Sosok Ipda Kistelya Pratayama Ray, Perempuan Asal Riau yang Suka Becek Mentok Khas Tuban   |   17:00 . BMKG Prediksi Cuaca di Tuban 9 Agustus 2022: Malam Hari Hujan Ringan   |   16:00 . Literasi Sekolah Anak, Pemuda Tuban Ini akan Safari ke 50 Sekolah di Jawa Timur   |   15:00 . Tumbuhkan Minat Baca Tulis Pelajar, Gerakan Safari Literasi akan Menyasar Sekolah dari Tuban hingga Madura   |   14:00 . Warga Desa Wukiharjo Tuban Ramai-ramai Bikin Nugget dan Jamur dari Jagung, hingga Bouket   |   13:00 . Ini Jadwal dan Lokasi Semarak Agustus di Lamongan, Mulai Agustus Sampai Oktober 2022   |  
Wed, 10 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Desa Pabeyan dan Gadon Punya Tungku Pemusnah Sampah

bloktuban.com | Sunday, 05 September 2021 17:00

Desa Pabeyan dan Gadon Punya Tungku Pemusnah Sampah

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Desa Pabeyan dan Gadon, Kecamatan Tambakboyo kini memiliki alat tungku pemusnah sampah.

Pengoperasian tungku pembakaran memakai bahan-bahan yang tidak berbahaya dan sudah tidak terpakai, dengan bahan bakar campuran oli bekas, batok Kelapa dan air.

"Panas tungku bisa mencapai 800 derajat Celsius," kata Dandim 0811/Tuban, Letkol Inf Viliala Romadhon, Minggu (5/9/2021).

Dandim menerangkan tungku tersebut mampu membakar sampah kurang lebih 10 ton dalam kurun waktu 3 jam dan dengan bahan bakar hanya 10 liter oli bekas. Hasil pembakaran berupa abu bisa dimanfaatkan utk kompos yang dapat digunakan bercocok tanam.

Abu memiliki kandungan untuk anti bakteri yang lebih tinggi dibandingkan pupuk kompos lainnya. Saat ini Kodim akan membangun 10 titik tungku di sepanjang pantai Tuban. Ke depannya akan terus ditingkatkan hingga seluruh desa memiliki tungku ini.

Tungku pembakar sampah, sambung Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky juga mampu menyelesaikan masalah perihal sampah yang acap kali dikeluhkan masyarakat. Baik berupa sampah rumah tangga maupun hasil pemilahan hasil laut. Sehingga lingkungan warga dan tepian pantai bersih dari sampah.

Keberadaan tungku pembakar sampah mampu membuka potensi ekonomi yang dapat dikembangkan masyarakat serta meningkatkan ekonomi keluarga nelayan. Ketika nelayan berangkat melaut, maka keluarganya dapat bercocok tanam menggunakan abu hasil pembakaran.

"Bisa juga menjual abu hasil pembakaran sebagai kompos," jelasnya.

Pemkab Tuban juga telah mengalokasikan anggaran pada 2021 ini guna menyediakan alat penyisir sampah, utamanya di tepian pantai. Nantinya, alat tersebut dapat dikolaborasikan dengan tungku pembakar sampah yang telah tersedia. Sedangkan pengelolaan tungku pembakaran sampah ini dapat dielaborasikan mengacu bank sampah.

"Langkah tersebut selaras dengan upaya Pemkab Tuban untuk mengurangi dampak negatif sampah dengan mengolah sampah menjadi bahan bakar untuk industri di kabupaten Tuban," sambungnya.

Alat pemusnah sampah tersebut diresmikan langsung oleh Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, bersama Dandim dan Kapolres Tuban, AKBP Darman. Rombongan juga meninjau pelaksanaan vaksinasi di gedung pertemua7n desa Pabeyan serta menyantuni anak yatim piatu dan disabilitas serta dibagikan pula 5000 masker. [ali/col]

 

Tag : Tungku, sampah, pemkab



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat