Serunya Petik Jambu Kristal di Tuban, Tarif Murah Makan Sepuasnya

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com – Sebagian orang memilih akhir pekan untuk menghabiskan waktu dengan keluarga atau orang tersayang. Ada yang lebih suka seharian di rumah, dan ada juga yang ingin jalan-jalan mengunjungi sebuah tempat.

Tepatnya di Dusun Simo, Desa Sukoharjo, Kecamatan Bancar, Tuban ada sebuah lokasi yang sangat direkomendasikan untuk mengisi waktu libur. Angkringan Jambu Kristal Simo namanya. Disini pengunjung bisa mencoba sensasi memetik jambu kristal dari pohonnya dan makan sepuasnya di tempat, Sabtu (4/9/2021).

Dengan membayar tiket masuk Rp15.000 untuk dewasa dan Rp10.000 untuk anak-anak, pengunjung serasa memiliki kebun jambu kristal seluas 4 hektare. Wisata petik jambu kristal Simo selain digandrungi pengunjung lokal, juga menjadi tujuan wisatawan dari beberapa kabupaten/kota di Jawa Timur maupun Jawa Tengah.

Seperti pengunjung lokal Tuban asal Kecamatan Jatirogo, Jamilatur Rizki Patriani (20) mengaku sudah tiga kali berkunjung ke kebun jambu kristal. Sejak datang pertama kali di tahun 2019, ia langsung terkesima dan puas memetik jambu yang rasanya manis itu.

“Akhir pekan ini saya ajak teman yang kuliah di UIN Malang untuk petik jambu kristal,” kata Jamila yang juga masih kuliah di salah satu kampus di Kabupaten Bojonegoro.

Senada dengan Jamila, Yana Nurriza (20) mengaku menikmati sensasi petik dan makan buah sepuasnya di Dusun Simo. Kelebihan dari jambu kristal Simo buahnya manis, dan bijinya sedikit.

“Jambu disini enak dan tidak bikin gigi sakit saat mengunyahnya,” tambah Yana yang berlibur akhir pekan kepada reporter blokTuban.com di kebun setempat.

Selain Jamila dan Yana, ada puluhan pengunjung lain yang keluar masuk kebun. Sambil petik dan makan jambu, anak-anak yang datang juga asyik bermain kejar-kejaran diantara tanaman jambu yang telah ditanam sejak 2017 lalu.

Sensasi datang ke angkringan jambu krital Simo bukan sekedar petik dan makan sepuasnya saja. Pengelola yang tak lain kelompok petani setempat menyiapkan spot selfie untuk menikmati senja. Sekaligus fasilitas edukasi bagi pengunjung yang berminat untuk menanam jambu.

“Pengunjung bisa petik sepuasnya dan bila ingin membawa pulang ditimbang dulu dengan harga Rp20.000/Kilogramnya,” sambung Kusnadi (42) pengelola angkringan jambu kristal.

Beberapa pengunjung yang rutin datang saat liburan rata-rata dari Kabupaten Pati, Rembang Jawa Tengah. Sedangkan yang dari Jawa Timur, dari Tuban, Lamongan maupun Gresik.

Sebelum pandemi dan kebijakan PPKM, lebih dari 500 pengunjung datang saat liburan akhir pekan. Saat PPKM kebun di tutup sementara, dan mulai buka kembali pada tanggal 1 September 2021 setelah Kabupaten Tuban zona kuning dan level 2.

“Setelah dibuka ada 200 pengunjung yang datang sehari. Selama PPKM kami hanya menjual buahnya saja, tapi kebunnya kami tutup,” terangnya.

Bagi pengunjung yang hobi tanam-menanam, di angkringan jambu kristal juga menyediakan aneka bibit tanaman. Seperti bibit kurma, durian, anggur, kelengkeng, jambu air, jambu biji dengan harga kisasaran Rp25.000 hingga Rp1 jutaan untuk bibit tanaman yang sudah berbuah. [ali/mu]