Jago Merah Ngamuk, Dua Rumah di Widang Ludes

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Jago merah kembali berulah. Kali ini sasarannya dua rumah milik warga Dusun Mbrao, Desa Tegalrejo, Kecamatan Widang. Musibah ini terjadi pada Senin (23/8/2021) malam dan bisa dipadampakan pada dini hari.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, Yudi Irwanto menjelaskan, kronologi kebakaran yakni api pertama kali muncul di kediaman Katemi (65) yang mendengar suara kayu terbakar. Sadar jika tetjadi kebakaran, Katemi langsung keluar meminta tolong ke warga lain.

Warga pun melapor ke Perangkat Desa setempat, yang kemudian diteruskan ke BPBD Tuban. Tak lama, 2 unit mobil pemadam beserta 2 unit water suplay dari Pos Kota dan Pos Rengel datang ke lokasi disertai  backup 1 unit Damkar Pos Babat Kbupaten Lamongan.

"Api berhasil dipadamkan oleh petugas pada Selasa dini hari pukul 01.45 WIB," kata Kalaksa BPBD Kabupaten Tuban.

Dalam musibah kebakaran itu, diduga api bersumber dari korsleting listrik. Meski tak ada korban jiwa, namun kerugian materi yang dialami cukup banyak.

Rumah Katemi berukuran 7x10 meter hangus terbakar, dengan perkiraan kerugian mencapai sekitar Rp45 juta. Sementara korban kebakaran lain, yakni rumah milik Kastiamah (68) berukuran 7x20 meter juga hangus terbakar, dengan perkiraan kerugian mencapai Rp95 juta. [feb/mu]