17:30 . Trending! Nathalie Holscher Gugat Cerai Sule, Putri Delina Disebut Biang Keladi   |   17:00 . Manganan di Gedongombo Tuban : Berharap Tanaman Lebih Subur   |   16:00 . Tumpah Ruah 1.700 Warga Gedongombo Tuban Manganan di Makam Syeh Maulana Iskhak Al-Maghribi   |   15:00 . Persiapan Wukuf, Jemaah Haji Asal Tuban Mulai Geser ke Arafah   |   14:00 . Harga Bawang Putih di Tuban Naik Ikuti Bawang Merah, Hampir Setara Minyak Goreng Kemasan   |   13:00 . 10 Destinasi Wisata di Tuban Pas Banget Buat Liburan Idul Adha, Buruan Piknik!   |   12:00 . Meraup Cuan dari Usaha Tusuk Sate Jelang Idul Adha di Tuban   |   11:30 . Tusuk Sate Tuban, Usaha Keluarga Sejak 1987   |   11:00 . Ramalan Shio 7 Juli 2022: Bisa Jadi yang Kalian Butuhkan Adalah Healing!   |   10:30 . Bakal Tusuk Sate di Tuban Dijemur Sehari   |   10:00 . Lowongan Kerja Lulusan SMA hingga S1 Ada 10 Formasi di PT Indofood Group   |   09:30 . Kampung Tusuk Sate di Tuban   |   09:00 . Prestasi Tuban di Porprov Jatim VII Melesat, Mas Bupati Turun Langsung hingga Atlet Pecahkan Rekor   |   08:00 . 5 Butir Isi Perjanjian Hudaibiyah, Antara Kaum Muslim dan Quraisy   |   07:00 . Pengamen Badut Asal Jombang Diamankan Satpol PP Tuban, Peralatan Ngamennya Disita   |  
Thu, 07 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Dokumenter Pahlawan Desa Sobontoro, Antarkan Tuban Jadi Juara Favorit

bloktuban.com | Monday, 23 August 2021 10:00

Dokumenter Pahlawan Desa Sobontoro, Antarkan Tuban Jadi Juara Favorit

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Pada final festival pahlawan desa yang memperebutkan piala Megawati tahun 2021, Kabupaten Tuban menjadi juara favorit melalui karya video dokumenter pahlawan Desa Sobontoro, Kecamatan Tambakboyo.

Karya dengan durasi 9 menit 41 detik tersebut diproduksi di rumah produksi Mai Cinema, produser Ita Hariyanti, sutradara  Dodot, kameramen dan editor Isnan bekerjasama dengan BKN Kabupaten Tuban dan Pemuda Harapan Kampung (PHK) masyarakat Desa Sobontoro.

Dodot mengatakan awalnya dirinya dan Isnan (cinematografer) mendapat mandat dari Ita Hariyanti (Ketua BKN Tuban) untuk mencari dan menggali data tentang salah satu pahlawan desa yang ada di Tuban. Penggalian yang dimaksud bisa dari karya maupun kiprahnya di desa, untuk ikut Festival Pahlawan Desa (Piala Megawati).

"Melalui beragam pertimbangan kita memutuskan memilih sosok Buntas Pradoto sebagai sosok yang akan kami gali datanya untuk pembuatan dokumenter tokoh," ucap Dodot, Senin (23/8/2021).

Dikatakan Dodot bahwa Buntas Pradoto adalah seorang pemuda asal Desa Sobontoro, Tambakboyo. Dia adalah salah satu pemuda saat ini masih menekuni bidang seni budaya Jawa yaitu pewayangan.

Dalam kiprahnya sebagai seorang dalang, Buntas dikenal mampu membangkitkan semangat pemudah desa dengan mendirikan PHK (Pemuda Harapan Kampung). Dalam kegiatan ini, Buntas tidak sendirian kemudian PHK inilah yang menjadi fokus dalam dokumenternya.

"Kami takjub bagaimana mas Buntas dengan semangat memotori pemuda-pemuda desa agar lebih kreatif dan melakukan pergerakan yang positif," imbuhnya.

Dalam dokumenter ini, tim menghabiskan waktu kurang lebih 10 hari untuk penggalian data sekaligus eksekusi pengambilan gambar di desa tersebut. Selain itu, dari 347 peserta dari seluruh Indonesia, dokumenter pemuda Sobontoro masuk 120 besar untuk seleksi pertama, dan seleksi kedua lolos 20 besar dan akhirnya di nobatkan sebagai juara favorit karna non rangking.

"Apabila dirangking sebenarnya kita no dua dari 347 peserta," tambahnya.

Prestasi dokumenter tokoh Desa Sobontoro diapresiasi Sekretaris DPC PDI P Kabupaten Tuban, Tulus Setyo Utomo. Dikatakannya hal festival pahlawan desa, sudah waktunya desa berdaya untuk membangun infrastuktur maupum peradaban di desa.

Desa juga harus didorong agar berlomba membangun desa, baik pembangunan destinasi pariwisata, peningkatan kapasitas para pemuda, kelompok tani, maupun kelompok perempuan.

"Lembaga desa juga harus aktif dalam mendorong terwujudnya inovasi sebagai daya tarik untuk mewujudkan desa mandiri dan desa yang mampu meningkatkan PAD desa, namun karakter dan budaya harus dijaga kelestariannya," sambung pria yang juga menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Tuban itu.

Sebelumnya BKN DPC Tuban telah mengikuti beberapa kegiatan seperti lomba video tradisi Ramadan yang diselenggarakan oleh DPD PDI Perjuangan Jatim, dan juga mendapatkan juara 10 terbaik tingkat Propinsi.

Lomba video pahlawan desa yang diselenggarakan oleh DPP PDI Perjuangan masuk nominasi 20 terbaik tingkat nasional. Dan juga ikut handarbeni dalam kegiatan Hari Tari se dunia dalam bentuk kegiatannya pentas tari untuk menampilkan budaya kita.

"Setiap bulan Suro juga mengadakan tradisi Jawa yaitu jamasan, yaitu mencuci keris sebagai pusaka leluhur," tambahnya.

Diketahui, acara unboxing pemenang lomba Festival Pahlawan Desa dipimpin langsung Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto pada 20 Agustus 2021 lalu.

Unboxing merupakan bagian dari rangkaian acara yang digelar PDIP pada momen Bulan Bung Karno, Juni 2021 lalu.

Acara tersebut diorganisasi oleh Badan Nasional Kebudayaan Pusat atau BKNP PDIP, dan ditayangkan secara virtual melalui akun @bknp pdi perjuangan di YouTube. [ali/ono]

 

Tag : lomba video dukumenter, bkn pdip tuban, juara favorit



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat