11:00 . Senin 15 Agustus 2022 : Telur, Bawang Merah, dan Daging Ayam di Tuban Naik, tapi Cabai Turun   |   10:00 . Lirik dan Chord Lagu Alun-Alun Nganjuk - Denny Caknan Feat Yeni Inca | Trending Youtube DC Production   |   09:00 . Stabil, Harga Emas Cetakan Antam dan UBS di Pegadaian, Senin 15 Agustus 2022   |   08:00 . Hukum Menyemir Rambut di Ajaran Islam, Ini Pendapat Ulama   |   07:00 . Prakiraan Cuaca Tuban Hari ini, Senin 15 Agustus 2022   |   06:00 . Selain Marning, Warga Desa Jlodro Tuban Mulai Olah Jagung Menjadi Nugget   |   05:00 . Dear Warga Tuban, Manfaatkan Konsultasi Hukum Gratis di Ruang CFD   |   18:00 . Besok 2.500 Buruh Metal Tuban Demo di 4 Lokasi Ini, Simak Tuntutan dan Rutenya   |   17:00 . Cantiknya Kue Siwalan Crunchy Puff Tuban, Cocok Dijadikan Oleh-oleh saat Liburan   |   16:00 . Keren! Di Tangan Siswa SMKN 3 Tuban, Buah Siwalan Jadi Kue Beraneka Rasa   |   15:00 . Hujan Masih Turun di Bulan Agustus 2022, Ini Kata BMKG Tuban   |   14:00 . Pertunjukan Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa Tuban pada Pengukuhan Anggota Baru   |   13:00 . 1.548 Anggota Pagar Nusa Tuban Dikukuhkan, Dihadiri Tokoh Penting dari Kiai hingga Aparat Penegak Hukum   |   12:00 . 5 Pasangan Mesum Bukan Suami Istri di Tuban Terjaring Operasi Cipta Kondisi, Beberapa Berstatus Mahasiswa   |   11:00 . 490 Personel Polisi Diturunkan pada Pengukuhan Anggota Pagar Nusa Tuban, Penggembira Dilarang Konvoi   |  
Mon, 15 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Lapar Butuh Makan, Seniman Demo Pemkab Tuban

bloktuban.com | Thursday, 19 August 2021 11:00

Lapar Butuh Makan, Seniman Demo Pemkab Tuban

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Keberatan atas kebijakan PPKM se-Jawa Bali karena mempengaruhi pendapatan, sejumlah seniman yang tergabung dalam Perkumpulan Pelestari Seni Tuban melakukan unjuk rasa damai di depan Kantor Pemkab Tuban pada Kamis (19/8/2021).

Demo yang dimulai sekitar pukul 10.00 Wib lebih itu diikuti kurang lebih 50 orang dengan Korlap aksi bernama Damuri. Mereka datang membawa tiga tuntutan, seperti mendesak Pemkab mengijinkan pekerja seni beraktifitas/bekerja sesuai peraturan pemerintah.

Pemkab diminta segera menerbitkan peraturan Juklak dan Juknis pemberlakuan ijin, serta mengeluarkan subsidi berupa bantuan kepada pekerja seni di Kabupaten Tuban.

Salah satu seniman yang berunjuk rasa, Ki Ronggo Jaya Kusumo meminta solusi kelonggaran kepada Pemkab. Anakni dan istri keluarga seniman butuh makan dan butuh uluran tangan pemerintah.

"Kami menyerah. Kami butuh makan dan kami tidak punya penghasilan," pekik Ki Ronggo dalam orasinya.

Selain kelaparan, Pandemi juga berdampak pada sektor pendidikan anak-anak seniman. Data sementara ada puluhan anak yang hampir dan bahkan putus sekolah karena orang tuanya tidak punya penghasilan.

"Seniman butuh panggung untuk bisa bertahan hidup. Tolong Bupati Lindra kami butuh kelonggaran," ucapnya.

Cerita pilu dialami semua seniman di Kabupaten Tuban. Karena tidak berpenghasilan, semua barang yang berharaga di rumah sudah dijual untuk makan sehari-hari. Perhiasan dan barang berharga sudah habis.

Aksi unjuk rasa terus berlangsung dengan penjagaan ketat petugas kepolisian. Peserta aksi dari berbagai elemen secara bergantian menyampaikan keluh kesahnya, tentang bagaimana bertahan hidup di tengah pandemi Covid-19.

Hingga pukul 10.39 Wib berita ini ditulis, belum ada tanda-tanda pegawai Pemkab Tuban yang menemui perwakilan seniman.

Catatan blokTuban.com, selama PPKM se-Jawa Bali sudah ada tiga kali aksi demo di Kabupaten Tuban. Sebelum seniman, mahasiswa kader IMM dan Aliansi Rakyat Bergerak telah menyalurkan aspirasi keberatan kebijakan PPKM terhadap pemerintah lebih dulu. [ali/mu]

Tag : demo tuban, seniman demo pemkab tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat