Laju Vaksinasi: Indonesia Urutan Pertama di Asia Tenggara

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Percepatan program vaksinasi di Indonesia ditambah dengan stok vaksin yang mencukupi membuat cakupannya tinggi. Pada triwulan II lebih dari 80 Juta dosis vaksin COVID-19 telah diberikan kepada penduduk Indonesia. 

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kemenkes RI, dr. Siti Nadia Tarmizi, mengungkapkan, laju vaksinasi yang tinggi menempatkan Indonesia di urutan 10 negara tersukses. Bahkan sebelum Agustus ini, Indonesia juga sempat masuk 10 besar negara dengan laju penyuntikan vaksin COVID-19 tertinggi di dunia. Tepatnyha pada periode Maret 2021 lalu.

Di bulan Agustus 2021 ini Kemenkes menargetkan penyuntikan 2 juta dosis per hari. Ini demi upaya mencapai herd immunity di 208 juta penduduk Indonesia,” jelas dr Nadia.

Berdasarkan data Our World in Data laju vaksinasi Indonesia berada persis di bawah Perancis tingkat dunia. Sementara di Asia Tenggara menempati peringkat pertama, di atas Malaysia dan Filipina.

“Kami berharap masyarakat aktif berpartisipasi dalam program vaksinasi sesuai dengan jadwal. Sebab, vaksin COVID-19 terbukti dapat mengurangi risiko sakit berat bila terpapar virus," tandas dr. Nadia.

Data yang berhasil dihimpun blokTuban.com menyebutkan, pada Agustus ini akan tersedia 82,3 juta dosis vaksin COVID-19 dari segala merek. Indonesia sendiri membutuhkan lebih kurang 416 juta dosis untuk mencapai herd immunity.

Saat ini suntikan dosis pertama Indonesia mencapai hampir 20% jumlah populasi penduduk,sementara dosis keduanya berada hampir 10%. [rof]