Akhirnya Ijazah Lulusan IAINU Tahun 2020 Siap Diambil

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Ijazah bagi mahasiswa Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban yang lulus tahun 2020 sudah ada di kampus. Sehingga para lulusan perguruan tinggi di Jalan Manunggal ini bisa mengambil  ijazah yang sudah ditunggu-tunggu ini.

‘’Setelah kami ambil dari Kopertais Surabaya, hari ini ijazah sudah ada di kampus. Kita sudah foto kopi dan legalisir. Silakan kalau mau mengambil ijazahnya,’’ ujar Wakil Rektor Bidang Akademik IAINU Tuban Drs. Imam Supriyadi, M.PdI, Rabu (11/8/2021).

Dengan selesainya ijazah dan sudah siap diambil oleh para lulusan itu, menurut Imam Supriyadi, kerja keras semua pihak untuk menyiapkan ijazah tersebut terbayar. Ijazah yang diterima para lulusan langsung atasnama IAINU. Sehingga lulusan 2020 ini adalah lulusan pertama yang ijazahnya atasnama IAINU. Karena lulusan sebelumnya masih atasnama STITMA.

Kerja keras menyiapkan ijazah atasnama IAINU itu, dimulai dengan migrasi atau perpindahan data dan administrasi dari STITMA ke IAINU. Migrasi ini butuh waktu yang cukup lama, karena regulasi dan berbagai hal yang harus dipenuhi.

Dalam ijazah tersebut, selain ditandatangani Rektor IAINU dan transkrip nilai ditandatangani Dekan masing-masing fakultas, juga disahkan oleh Koordinator Perguruan Tinggi Islam Swasta (Kopertais) Wilayah IV Surabaya.

‘’Jadi, ada tandatangan dan stempel Kopertais di ijazah tersebut,’’ ungkapnya.

Untuk meminta tanda tangan di Kopertais juga harus menunggu karena antre. Ada puluhan ribu ijazah yang harus divalidasi dan ditandatangani serta distempel di Kopertais.

‘’Saat ijazah kita bawa ke Kopertais bukan langsung ditandatangani, tapi divalidasi dulu. Apakah nama-nama yang tercantum dalam ijazah itu sudah sesuai, benar-benar mahasiswa aktif atau tidak, serta hal lainnya,’’ tandas Imam. 

Sementara Kepala Biro IAINU Tuban Syamsul menambahkan, ijazah sudah siap sekaligus foto kopi ijazah dan legalisirnya. Sehingga, mahasiswa jika mau membutuhkan legalisir tidak perlu legalisir lagi.

Ijazah itu bisa diambil langsung di kampus oleh para lulusan setiap hari jam kerja. Untuk ijazah IAINU ini, kata dia, sudah lengkap. Mulai ijazah fisik, PIN untuk mengakses ijazah secara online dan mengecek data di Dikti sudah ada. Sehingga ini akan memudahkan lulusan menggunakan ijazahnya untuk berbagai keperluan.

‘’Intinya ijazah sudah siap diambil. Silakan mengambil di kampus,’’ katanya.

Rektor IAINU Tuban Akhmad Zaini, S.Ag, M.Si meresa senang dan bersyukur atas selesainya ijazah untuk lulusan tahuin 2020 teresebut. 

‘’Mohon maaf kepada alumni 2020 karena terjadi keterlambatan dalam mencetak ijazah. Namun, perlu dipahami tim yang ada di kampus telah bekerja maksimal,’’ katanya. 

Akhamad Zaini juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, baik tim yang ada di Kopertais maupun yang di IAINU yang telah bekerja keras dalam menyelesaikan ijazah ini.

‘’Terimakasih atas kerja kerasnya. Semua ini juga tak lepas dari pertolongan Allah SWT, alhamdulillah,’’ tandasnya.[ali/ono]