17:00 . Jangan Sepelekan Campak, Dampaknya Sebabkan Diare Berat hingga Kematian   |   16:00 . Trailer Film Malaysia Genre Horor - 'PULAU' Siapa Pergi Dia Mati   |   15:00 . Jadwal Tayang Bioskop NSC Tuban 27 Januari 2023: Ada 6 Film Pilihan untuk Kamu   |   14:00 . Hujan Petir Masih Berpotensi Guyur Tuban, Lamongan, dan Bojonegoro Hari Ini   |   13:00 . Unik !! Pohon Pisang di Plumpang Kabupaten Tuban Bercabang dan Berbuah 2 Tandan   |   12:00 . Update Sembako Tuban 27 Januari 2023: Cabai Biasa Turun Rp10.000, Telur Ayam Rp2.000/Kilogram   |   11:00 . Kasus Gizi Buruk Anak di Tuban Turun, Angkanya 21,5 % Level Nasional dan 19,2 % di Jatim   |   10:00 . Harga Emas Antam Hari ini 27 Januari 2023 Turun Rp5.000 Per Gram, Sejumlah Stock Kosong   |   09:00 . Desi Astutik Pendamping Produk Halal yang Getol Dampingi Pelaku UMKM   |   08:00 . Cara Rasulullah Berdzikir, Tanpa Alat Hanya Menggunakan Jari   |   07:00 . Resep Bolu Gulung Keju DEBM, Tanpa Menambahkan Tepung   |   20:00 . Miniatur Mobil Jadikan Pemuda Tuban Jutawan, Produknya Tembus Berbagai Kota   |   19:00 . 3.923 Anak di Tuban Putus Sekolah, Salah Satu Pemicunya Menikah Usia Dini   |   18:00 . Capaian Vaksin Booster di Tuban 34,42%   |   17:00 . Pemkab Tuban Libatkan Kejaksaan di Proyek Pembangunan, Diminta Deteksi Dini Masalah   |  
Fri, 27 January 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Dinkes Tunggu Vaksin untuk Ibu Hamil

bloktuban.com | Friday, 06 August 2021 13:00

Dinkes Tunggu Vaksin untuk Ibu Hamil

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban saat ini belum bisa memastikan waktu vaksinasi bagi ibu hamil diwilayahnya, Jumat (6/8/2021).

Vaksin untuk melindungi ibu hamil beserta bayinya dari paparan virus Covid-19 akan segera dilakukan bila pasokan vaksinnya sudah tersedia.

"Surat Edaran (SE) Kementrian Kesehatan (Kemenkes) memang sudah ada, tapi vaksinnya belum terealisasi," ucap Agus Waskhito, Kepala Seksi Pencegahan & Penanggulangan Penyakit Menular Dinkes Tuban kepada reporter blokTuban.com.

Untuk jumlah ibu hamil yang terpapar corona sejak tahun 2020 sampai Agustus 2021, Agus belum bisa memyebutkannya. Ia masih mengkonfirmasi data ke bidang lain yang menangananinya.

"Selama pandemi ini kita bagi tugas, termasuk pengolah data, coba saya tak konfirmasi dengan bagian data," imbuhnya.

Perlu diketahui, mulai tanggal 2 Agustus Kementerian Kesehatan sudah mengizinkan pelaksanaan vaksinasi ibu hamil yang tertuang dalam surat edaran Kemenkes Nomor HK.02.01/I/2007/2021 Tentang Vaksinasi Covid-19 bagi Ibu Hamil dan Penyesuaian Skrining dalam Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19.

Vaksinasi dengan sasaran ibu hamil juga telah direkomendasikan oleh Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI). Jenis vaksin Covid-19 yang digunakan adalah platform mRNA yakni Pfizer dan Moderna, juga memakai vaksin platform inactivated Sinovac.

Sebelum divaksin, perlu dipastikan ibu hamil memenuhi beberapa syarat seperti suhu tubuh di bawah 37,5 derajat Celsius. Tekanan darah di bawah 140/90 mmHg. Apabila hasilnya di atas 140/90 mmHg, pengukuran diulang lagi 5-10 menit kemudian, apabila masih di atas ambang batas tersebut, vaksinasi Covid-19 ditunda. Usia kehamilan di trimester kedua, atau di atas 13 minggu.

Tidak ada tanda-tanda preeklamsia seperti kaki bengkak, sakit kepala, nyeri ulu hati, pandangan kabur, dan tekanan darah di atas 140/90 mmHg. Tidak memiliki riwayat alergi berat seperti sesak napas, bengkak, atau bidur di seluruh tubuh. Bagi ibu hamil dengan penyakit penyerta atau komorbid seperti jantung, diabetes, asma, penyakit paru, HIV, hipertiroid/hipotiroid, penyakit ginjal kronik, atau penyakit liver; penyakit penyerta dalam kondisi terkontrol dan tidak ada komplikasi akut.

Bagi ibu hamil dengan penyakit autoimun atau menjalani pengobatan autoimun seperti lupus, penyakit dalam kondisi terkontrol dan tidak ada komplikasi akut. Tidak sedang menjalani pengobatan untuk gangguan pembekuan darah, kelainan darah, defisiensi imun, dan penerima produk atau transfusi darah. Tidak sedang menerima pengobatan imunosupresan seperti kortikosteroid dan kemoterapi. Serta tidak terkonfirmasi positif Covid-19 dalam waktu tiga bulan terakhir. [ali/mu]

Tag : dinkes tuban, vaksinasi tuban, vaksin



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat