08:00 . Ini Rangkaian Bengawan Jazz Festival 2022 di Lamongan, Dimeriahkan Musisi Asal Bandung dan Lokal   |   07:00 . Prediksi BMKG Cuaca di Tuban 10 Agustus 2022: Pagi Sebagian Berawan, Siang sampai Malam Hujan Ringan   |   06:00 . Potret Ritual Tuku Banyu Nggawan Kebomlati di Tuban   |   05:00 . 10 Balita di Tuban Dimandikan di Sungai Bengawan Solo, Bakar Sajen lalu Diberi Paha Ayam Goreng   |   23:59 . Cek Namamu di Link Pemilu Ini, Lapor ke Bawaslu Tuban Jika Merasa Dicatut Partai Politik   |   23:00 . Telepon, Alamat, dan Harga Hias Sepeda Maskot Karnaval dan Pengiring di Tuban   |   21:00 . Honor Petugas Badan Ad Hoc Pemilu 2024 Setara UMK Tuban   |   20:00 . Tak Merasa Ikut Partai Politik, 3 Warga Tuban yang Namanya Dicatut Lapor Bawaslu   |   19:00 . Mengintip Pembuatan Kostum Karnival di Tuban Seharga Ratusan Ribu hingga Jutaan Rupiah   |   18:00 . Sosok Ipda Kistelya Pratayama Ray, Perempuan Asal Riau yang Suka Becek Mentok Khas Tuban   |   17:00 . BMKG Prediksi Cuaca di Tuban 9 Agustus 2022: Malam Hari Hujan Ringan   |   16:00 . Literasi Sekolah Anak, Pemuda Tuban Ini akan Safari ke 50 Sekolah di Jawa Timur   |   15:00 . Tumbuhkan Minat Baca Tulis Pelajar, Gerakan Safari Literasi akan Menyasar Sekolah dari Tuban hingga Madura   |   14:00 . Warga Desa Wukiharjo Tuban Ramai-ramai Bikin Nugget dan Jamur dari Jagung, hingga Bouket   |   13:00 . Ini Jadwal dan Lokasi Semarak Agustus di Lamongan, Mulai Agustus Sampai Oktober 2022   |  
Wed, 10 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Mensos Marah Bansos Tiga Bulan Baru Cair Dua Bulan

bloktuban.com | Saturday, 24 July 2021 16:00

Mensos Marah Bansos Tiga Bulan Baru Cair Dua Bulan

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Pencairan Bantuan Sosial Pangan Tunai (BPNT) tiga bulan yang baru dicairkan dua bulan ke Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Tuban memicu kemarahan Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini.

Temuan tersebut diketahui Mensos Risma saat mengunjungi penerima Bansos di Kelurahan Sendangharjo, Kecamatan/Kabupaten Tuban pada Sabtu (24/7/2021) siang. Sebelumnya Risma menyerahkan BST di Kantor Pos Tuban.

"Saya akan peringatkan kenapa Bansos tiga bulan baru dicairkan dua bulan. Lembaga hukum juga sudah dengar soal ini, tinggal lihat nanti," kata Risma kepada blokTuban.com disela kunjungan.


Setelah kunjungan ini, temuan keterlambatan Bansos akan Risma bahas bersama Bupati Tuban. Tentunya evaluasi akan dilakukan, karena kasihan penerima bila Bansos tiga bulan baru diberikan dua bulan.

"Saya pikir pak Bupati bisa mengambil langkah yang terbaik," imbuh mantan Walikota Surabaya itu.



Terpisah, Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky akan mengevaluasi dan menindaklanjuti temuan Mensos. Mengingat dirinya baru menjabat sebagai Bupati sebulan pasca pelantikan 20 Juni lalu.

Disinggung proses hukum, Bupati Lindra meminta tidak perlu ke jalur tersebut bila temuannya Mensos bisa dikomunikasikan. Komunikasi akan dilakukan dulu dan jangan berspekulasi terlalu jauh.

"Saya baru sebulan dan baru ada temuan dari bu Menteri. Jangan duga menduga dulu kita akan menelaah secara keseluruhan," sambung Bupati Lindra.

Saat di lapangan, Risma kemudian menghitung harga komoditas BPNT senilai Rp400 ribu yang diterima KPM selama dua bulan. Beras 15 Kilogram Rp300.000, telur Rp26.000 dan komoditas lainnya.

Untuk Bansos Rp200 ribu bulan terakhir, kata Kepala Dinsos P3A Tuban, Eko Julianto masih tersimpan di kartu. Risma kemudian menanyakan berapa bunganya jika di Tuban ada 80 ribu KPM. Mensos tidak terima dengan skenario pencairan Bansos di Tuban, dan meminta Bupati Lindra menyelesaikannya dengan Kadinsos.

Sehari sebelumnya, Kasi Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos P3A Tuban, Santoso menjelaskan sebenarnya dari Kementrian Sosial (Kemensos) RI memberikan Bansos selama tiga bulan, tapi Tikor Kabupaten Tuban mengatur dan menyalurkannya dua bulan dulu.

Karena bila dicairkan sampai bulan September ada kelemahan, yaitu kualitas komoditas akan rusak karena metode penyimpanan yang kurang baik, dan kalau kebanyak komoditas yang diterima KPM akan berpeluang dijual. [ali/sas]

Tag : mensos, risma, tuban, kpm, bpnt



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat