12:00 . Tips Memulai Bisnis Bucket Snack Kekinian   |   10:00 . Relawan Tambakboyo Tuban Galang Bantuan Korban Erupsi Semeru   |   07:00 . Gejala Infeksi Luka Jahitan yang Wajib Diketahui dan Cara Menanganinya   |   20:00 . Jarak Luncur Guguran Lava Pijar Gunung Semeru 500-800 Meter   |   19:00 . Kelompok Informasi Masyarakat Tersosialiasi di 11 Kecamatan Tuban   |   18:00 . Puluhan Menu Tersaji di Festival Masakan Khas Tuban, Wakili Sisi Utara, Tengah dan Selatan   |   17:00 . Langkah Pemerintah Deteksi Omicron, Testing dan Tracing Perjalanan Internasional   |   16:00 . WHO Jelaskan Omicron, Kemenkes Minta Masyarakat Tidak Panik   |   12:00 . All Out Dukung Tim Kebanggaan, Suporter Persatu Tuban Adakan Gerakan Penggalangan Dana   |   11:00 . Alumni SMK TJP Tuban Perkuat Indonesia di Kompetisi Pengelasan Internasional¬†   |   10:00 . Pindah Tugas ke Banda Aceh, Dandim 0811 Tuban Letkol Inf Viliala Romadhon Pamitan   |   08:00 . Pengelolaan JDIH Tuban Masuk 10 Besar Terbaik Nasional   |   07:00 . Mengenal Tantrum Anak, Serta Bagaimana Cara Menanganinya   |   21:00 . Kemendag Pastikan Pasokan Kedelai Cukup untuk Natal dan Tahun Baru   |   20:00 . Pekerja yang Bekerja di Harus Terapkan Sistem Perlindungan   |  
Sun, 05 December 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Duh, Sudah Ada Kerusakan di Jalan Lingkar Selatan

bloktuban.com | Friday, 23 July 2021 14:00

Duh, Sudah Ada Kerusakan di Jalan Lingkar Selatan

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten Tuban resmi membuka ring road atau Jalan Lingkar Selatan (JLS) sejak tanggal 5 Juli 2021 untuk dilalui kendaraan besar seperti truk bermuatan berat berbagai jenis. Pantauan blokTuban.com, kondisi JLS sekarang mulai terlihat adanya kerusakan, Jumat (23/7/2021).

Kerusakan JLS telah terjadi sejak beberapa hari terakhir. Kondisi saat ini semakin parah. Diduga kuat, kerusakan terjadi akibat banyaknya kendaraan besar dengan beban puluhan tonase yang sekarang mulai melintasi jalan tersebut.

Salah satu kerusakan terlihat di titik perempatan Desa Prunggahan Kulon, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Jalan terlihat berlubang dengan panjang 1,3 meter lebih dan juga ada gundukan jalan yang bisa membahayakan pengendara lain.

"Mingggu kemarin masih belum terlalu parah. Sekarang kondisinya sudah berlubang dan gundukan semakin tinggi," ujar Imron (28), pemuda asal Kecamatan Semanding, Tuban yang sering menggunakan jalur tersebut.

Selain aspal jalannya sudah mulai terkelupas dan tanahnya gerak, di titik lain juga terdapat kondisi jalan yang mulai bergelombang. Titik kerusakan itu berada pada lokasi JLS proyek tahap kedua yang dikerjakan pada tahun 2020 kemarin.

"Memang sejak kendaraan besar lewat, jalannya sudah mulai ada yang bergelombang," kata Ari, warga lain yang melintas di jalan itu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tuban, Agung Supriyadi, saat dikonfirmasi menyatakan kerusakan jalan di JLS masih tanggungjawab Pemkab Tuban. Dinas PU Tuban akan segera melakukan pengecekan terkait dengan kerusakan kondisi jalan itu.

"Masih tanggung jawab kabupaten. Terima kasih infonya, segera kita cek ke lapangan biar segera ditindaklanjuti oleh Bidang Jalan," kata Agung Supriyadi.

Dinas PU Tuban masih belum mengetahui penyebab kerusakan jalan. Mereka mengaku baru akan melakukan pengecekan di lapangan setelah mendapatkan informasi ini.

Diberitakan sebelumnya, sejak tahun 2015 Pemkab Tuban telah memulai pembebasan lahan JLS dengan panjang hampir 13 Km dan lebar 32 meter. Total luasanya 37.769 M² dan menghabiskan dana sekitar Rp153 miliar.

Disusul tahun 2019 Pemkab memulai pembangunan fisik tahap satu sepanjang 5,7 Km menghabiskan dana Rp70 miliar. Tahap dua dilanjutkan sampai tembus Desa Bogorejo hampir 7 km menghabiskan Rp72 miliar.

Dari APBD Tuban jalan lingkar menyerap Rp300 miliar, terhitung dari pembebasan lahan hingga pekerjaan fisik satu sisi. Awalnya Kementerian PUPR meminta Pemkab Tuban di pembebasan lahan tapi belakangan pekerjaan fisik juga ditangani Pemkab.

Pada tahun 2021, Kementrian PUPR telah menganggarkan jalan lingkar dari pertigaan Tunah sebesar Rp80 miliar dan mulai dikerjakan. Diprediksi jalan lingkar lajur dua di tahun 2022 bisa tembus sampai Bogorejo. [ali/dy]

Tag : jls, tuban, ringroad



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more