17:00 . Jangan Sepelekan Campak, Dampaknya Sebabkan Diare Berat hingga Kematian   |   16:00 . Trailer Film Malaysia Genre Horor - 'PULAU' Siapa Pergi Dia Mati   |   15:00 . Jadwal Tayang Bioskop NSC Tuban 27 Januari 2023: Ada 6 Film Pilihan untuk Kamu   |   14:00 . Hujan Petir Masih Berpotensi Guyur Tuban, Lamongan, dan Bojonegoro Hari Ini   |   13:00 . Unik !! Pohon Pisang di Plumpang Kabupaten Tuban Bercabang dan Berbuah 2 Tandan   |   12:00 . Update Sembako Tuban 27 Januari 2023: Cabai Biasa Turun Rp10.000, Telur Ayam Rp2.000/Kilogram   |   11:00 . Kasus Gizi Buruk Anak di Tuban Turun, Angkanya 21,5 % Level Nasional dan 19,2 % di Jatim   |   10:00 . Harga Emas Antam Hari ini 27 Januari 2023 Turun Rp5.000 Per Gram, Sejumlah Stock Kosong   |   09:00 . Desi Astutik Pendamping Produk Halal yang Getol Dampingi Pelaku UMKM   |   08:00 . Cara Rasulullah Berdzikir, Tanpa Alat Hanya Menggunakan Jari   |   07:00 . Resep Bolu Gulung Keju DEBM, Tanpa Menambahkan Tepung   |   20:00 . Miniatur Mobil Jadikan Pemuda Tuban Jutawan, Produknya Tembus Berbagai Kota   |   19:00 . 3.923 Anak di Tuban Putus Sekolah, Salah Satu Pemicunya Menikah Usia Dini   |   18:00 . Capaian Vaksin Booster di Tuban 34,42%   |   17:00 . Pemkab Tuban Libatkan Kejaksaan di Proyek Pembangunan, Diminta Deteksi Dini Masalah   |  
Fri, 27 January 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

BUMDesa Kunci Pemulihan Ekonomi Nasional Level Desa

bloktuban.com | Sunday, 30 May 2021 15:00

BUMDesa Kunci Pemulihan Ekonomi Nasional Level Desa

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com – Kedatangan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Republik Indonesia (RI), Halim Iskandar di Kabupaten Tuban pada Minggu (30/5/2021) siang juga dalam rangka pengecekan pemulihan ekonomi nasional di tingkat desa. Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) salah satu kunci pemulihan tersebut.

“Unit usaha BUMDesa ini banyak, misalnya di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu ada wisata pantai, produk unggulan hasil laut, dan layanan jasa lainnya. Ini tentu diharapkan memicu pemulihan ekonomi nasional dari desa,” kata Menteri Halim kepada reporter blokTuban.com disela kunjungannya.

Melalui pemerataan BUMdesa di setiap desa tentu dapat mendukung pemulihan di tingkat di atasnya. Misalnya bicara BUMDesa dan unit usahanya, desa wisata ini adalah kumpulan ekonomi level desa. Agregat kumpulan ekonomi tersebut dapat mempercepat pemulihan ekonomi level kabupaten dan berdampak ke provinsi.

Agenda dari kegiatan ini pada triwulan kedua nanti, pertumbuhan ekonomi sudah surplus. Waktu sebelumnya masih minus meskipun sedikit dan lebih bagus dari Negara tetangga.

“Kalau triwulan dua surplus harapannya ditriwulan berikutnya semakin bagus. Kuncinya satu yaitu kesehatan, karena tidak mungkin bisa memacu pertumbuhan ekonomi kalau angka corona naik lagi,” imbuh menteri kelahiran Jombang itu.

Sebelum datang ke Tuban, ia telah bertanya kepada Ketua DPRD Tuban, M. Miyadi dampak kondisi pandemi Corona di Tuban. Hasilnya ada pertambahan kasus tapi tidak signifikan dan saat ini Tuban berstatus zona kuning. Begitupula secara nasional ada penambahan, tapi tidak setinggi Lebaran tahun lalu.

Hal ini berarti tingkat kesadaran masyarakat sudah baik, di wisata Semilir pengunjung juga sudah maksimal menerapkan Prokes. Kendati demikian dia berpesan agar jangan abai pada protokol kesehatan dan 5M.

Sementara itu, Manajer BUMDesa Maju Mandiri Sejahtera Socorejo, Rohmad Hidayat mengucapkan terimakasih atas arahan dan bimbingan dari Menteri Desa. Kurang lebih program BUMDesa Socorejo telah berjalan tiga tahunan.

Di antara programnya suplai air bersih ke kapal dan Pelabuhan Khusus T. Semen Indonesia Pabrik Tuban, pembinaan home industri hasil olahan laut berupa trasi, rengginang, ikan asin, cumi-cumi dan lain-lain.

“Kerjasama dengan BNI, Bank Jatim, Kantor Pos, dan Samsat juga telah terjalin. Harapannya layanan kepada masyarakat semakin optimal. Tak kalah penting adalah CSR kepada masyarakat berupa 1.200 paket sembako yang diberikan setahun dua kali, serta dukungan terhadap kegiatan organisasi keagamaan maupun kemasyarakatan.

“Kami terus terbuka dan berharap ada dorongan, supaya wisata pantai ini bisa berkembang dan memberi nilai lebih bagi masyarakat. Jika ekonomi masyarakat di tengah pandemic meningkat, tentu memberi sumbangsih pada ekonomi nasional,” pungkas Rohmad. [ali/col]

 

 

Tag : Ekonomis, Desa, bumd



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat