20:00 . Wamendag: Revitalisasi Pasar Rakyat Perkuat Pemulihan Ekonomi Nasional   |   19:00 . Merantau di Tuban, Residivis Asal Jepara Ini Nekat Gondol Motor Temannya   |   18:00 . Peduli Korban Semeru, Pelajar Tuban Salat Gaib dan Galang Dana   |   15:00 . Overkapasitas, Lagi-lagi Lapas Tuban Terima Pindahan 20 Napi Narkoba   |   14:00 . Suhada Erwin Resmi Jabat Dandim 0811 Tuban   |   13:00 . 7 Kali Dipenjara, Warga Merakurak Lagi-lagi Gasak Handphone Tetangga   |   12:00 . Lepas Sambut Dandim 0811 Tuban, Bupati Halindra Ungkap Kenangan Manis Bersama Viliala Romadhon   |   07:00 . 2 Kesalahan Pola Asuh yang Sering Dilakukan Orangtua Zaman Now   |   20:00 . Pemkab, Salurkan Bantuan untuk Korban Gunung Semeru   |   19:00 . Jadi Percontohan Vaksin di Tingkat Kabupaten, Ini Kunci Kesuksesan Glodog   |   18:00 . Mendag: Sukses Beradaptasi, Bisnis Waralaba Jadi Tuan di Negeri Sendiri   |   15:00 . Babak Pertama, Persatu Tertinggal 1-0 dari Persewangi   |   14:00 . Momen HDI, Bupati Tuban Halindra Kabarkan Perkembangan Raperda Difabel   |   13:00 . PPKM Level 3 se-Indonesia Batal, Disiplin Prokes di Pasar Tradisional Tuban Digalakkan Lagi   |   12:00 . Masyarakat Tuban Mulai Antusias dan Tak Takut Ikut Vaksin   |  
Thu, 09 December 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Menurut Peneliti, Begini Cara Meningkatkan Keterampilan Matematika Anak

bloktuban.com | Thursday, 27 May 2021 07:00

Menurut Peneliti, Begini Cara Meningkatkan Keterampilan Matematika Anak

Reporter: -

blokTuban.com - Sebuah studi baru dari Karolinska Institutet, Swedia, menunjukkan mempraktikkan latihan memori kerja visual dan tugas-tugas penalaran non-verbal lebih meningkatkan keterampilan matematika anak-anak.

Latihan memori yang dimaksud misalnya, anak diminta untuk mengingat objek visual seperti mengingat urutan titik dalam sebuah bidang. Tingkat kesulitan latihan ini akan bertambah ketika ada lebih banyak item.

Temuan mendukung gagasan bahwa pelatihan kognisi spasial dapat meningkatkan kinerja akademis dan dalam hal matematika, jenis pelatihan tersebut penting.

Dalam studi yang terbitkan dalam jurnal Nature Human Behavior ini, lebih dari 17.000 anak sekolah Swedia berusia enam hingga 8 tahun diminta untuk menyelesaikan latihan kognitif melalui aplikasi selama 20 atau 33 menit per hari dalam tujuh minggu.

Pada minggu pertama, anak-anak diberi latihan yang sama, setelah itu mereka secara acak dibagi menjadi lima kelompok dengan rencana latihan yang berbeda, lapor Medical Xpress.

Dalam semua kelompok, anak-anak menghabiskan sekitar setengah dari waktu total mereka untuk mengerjakan tugas garis bilangan matematika.

Sisa waktunya digunakan untuk melakukan latihan kognitif dalam bentuk tugas rotasi (rotasi mental 2D dan teka-teki tangram), tugas memori kerja visual atau tugas penalaran non-verbal.

Kemudian, peneliti menilai prestasi matematika semua anak pada minggu pertama, kelima, dan ketujuh.

Peneliti menemukan, semua kelompok meningkatkan kinerja matematika. Tetapi yang melakukan latihan penalaran memiliki dampak terbesar, diikuti dengan tugas memori kerja.

Namun, mereka mencatat bahwa ada beberapa keterbatasan dalam studi ini, termasuk kurangnya kelompok kontrol pasif yang memungkinkan estimasi ukuran efek absolut.

"Pelatihan tentang keterampilan tertentu adalah cara paling efektif untuk meningkatkan nilai anak. Penelitian kami menawarkan bukti bahwa latihan kognitif spasial mentransfer ke kemampuan akademis," kata Torkel Klingberg, kepala ilmiah Cognition Matters.

*Sumber: suara.com

Tag : pendidikan, kesehatan, matematika, belajar



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more