18:00 . Jatim Series Jember Jadi Evaluasi Rider ISSI Tuban Sebelum Porprov 2022   |   17:00 . Suzuki Baleno Kecelakaan Karambol Libatkan Dua Truk   |   16:00 . Jembatan Glendeng Resmi Ditutup, Pemotor Pilih Jalan Alternatif   |   15:00 . Jokowi Serukan Belanja Produk dan Wisata Dalam Negeri di Peluncuran Gernas BBI   |   14:00 . Hanya 2 Jam, 134 Anak di Tuban Selesai Dikhitan Massal   |   13:00 . PKL Taman Sleko Tuban Diminta Tak Ganggu Pengguna Jalan   |   12:00 . Ketakutan Warga Gesikharjo Sandarkan Kapalnya Dekat Makam Asmoroqondi   |   11:00 . Perbaikannya Habiskan APBD Milyaran Rupiah, Ternyata Ini 3 Alasan Penutupan Jembatan Glendeng Tuban   |   10:00 . Tahun 2022, Pemerintah Targetkan 1 Kematian per 1000 Jemaah Haji   |   09:00 . Wajib Tahu! 3 Aturan Baru Penulisan Nama Pada Dokumen Kependudukan   |   08:00 . Kesadaran Masyarakat Tentang Kesehatan Mulut dan Gigi Rendah, Dokter: Banyak Penyakit Mengintai!   |   17:00 . Pedagang Dari Luar Kota Turut Padati Gerbang Makam   |   16:00 . 2.620 Orang Ikuti Pawai Tarauf Haul Syekh Maulana Ibrahim Asmoroqondi   |   15:00 . PMK Sudah Masuk Tuban, Sampelnya Puluhan Sapi di Desa Wolutengah Kerek   |   14:00 . Usia 19 Tahun Pandai Berbisnis, Pemuda Plumpang Raup Cuan Jutaan Rupiah Setiap Bulan   |  
Sat, 21 May 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Selamatkan Ekosistem Sungai Kesamben dari Sampah, Pemuda dan Warga Gugur Gunung

bloktuban.com | Wednesday, 26 May 2021 13:00

Selamatkan Ekosistem Sungai Kesamben dari Sampah, Pemuda dan Warga Gugur Gunung

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Seratusan pemuda dan warga Desa Kesamben, Kecamatan Plumpang, Tuban pada Rabu (26/5/2021) sekitar pukul 06.30 WIB turun gugur gunung membersihkan sungai dan lahan kosong dari limbah sampah.

Aksi gotong royong ini diinisiasi oleh organisasi Karang Taruna Tunas Harapan Desa Kesamben. Harapannya dapat menyelamatkan ekosistem sungai dan mengurangi polusi bau sampah rumah tangga.

Ketua Karang Taruna Desa Kesamben, Hilmi Adi Kurniawan (23) saat dikonfirmasi mengatakan, gerakan bersih desa pagi ini dilatarbelakangi banyaknya tumpukan sampah di desa yang belum dikelola dengan baik.

Sampah dominan dari limbah plastik rumah tangga dan popok, yang mengotori sungai Kesamben dan lahan kosong di tengah pemukiman warga.

"Baunya tidak sedap dan sungai jadi kotor gara-gara sampah," ujar Hilmi.

Sampah dari dua tempat kemudian dikumpulkan di lahan kosong dan dibakar. Ia berterimakasih atas semangat relawan dan warga yang terlibat bersih desa hari ini.

Sebagai tindak lanjut dari aksi tanggap peduli limbah sampah, Karang Taruna akan komunikasi dengan Pemerintah Desa Kesamben, Kecamatan Plumpang dan intansi terkait pengangkutan sampah kedepannya. Solusi sementara di 10 titik buangan sampah akan dipasang keranjang supaya sampah tidak tercecer.

"Dukungan dari Pemerintah desa dan semua pihak dibutuhkan untuk mewujudkan Kesamben bersih dan sehat," imbuhnya.

Sungai sendiri, kata Hilmi menjadi tempat hidup banyak makhluk air seperti beragam jenis ikan. Semua warga Kesamben memiliki kewajiban untuk menjaga kebersihannya dengan cara tidak membuang sampah sembarangan di desa yang dilalui fasilitas pipa penyaluran minyak Blok Cepu.

Selain sampah di desa, pengamatan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tuban bahwa pencemaran lingkungan di Tuban sudah masuk kategori parah khususnya pencemaran lingkungan di pesisir pantai.

Solusinya pengelolaan sampah berbasis Refuse Derivied Fuel (RDF) atau teknik penanganan sampah dengan mengubah sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat, yaitu bahan bakar mulai dikenalkan DLH kepada masyarakat sejak tahun 2020 lalu.

Sampah-sampah dari berbagai kecamatan akan disortir sesuai jenisnya, kemudian dilakukan pengolahan sampah berbasis RDF dengan kapasitas 12 ton per hari. Sortiran sampah akan dilakukan pengolahan berbasis RDF dan nantinya akan dijadikan bahan bakar pembuatan semen dan rencananya direalisasi tahun 2022. [ali/ito]

Tag : dlh, tuban, pemuda, kesamben, plumpang



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more