11 Medali Perpaprov, Bukti Prestasi NPCI Saat Pandemi


Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Pandemi Covid-19 bukanlah alasan untuk tidak berprestasi. Hal itu dibuktikan oleh atlet National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Kabupaten Tuban di ajang Pekan Paralimpiade Provinsi (Peparprov) Jatim I tahun 2021 di Surabaya selama empat hari tanggal 20-24 Mei 2021.

11 medali di berbagai cabang olahraga diraih, dan menjadi torehan luar bagi atlet NPCI. Medali tersebut rinciannya satu emas, enam perah dan empat perunggu, Senin (24/5/2021).

“Atlet NPCI Tuban menorehkan prestasi di dua Cabor yakni Catur dan Atletik. Capaian ini membawa bendera Tuban Bumi Wali berkibar di arena PEPARPROV I Jatim,” ujar Ketua NPCI Tuban, Setiawan Gema Budi.

Prestasi di Peparprov ini, lanjut Gema untuk menjadi pemacu atlet tetap semangat berlatih. Bulan depan akan ada seleksi pemusatan latihan daerah (Puslatda) di Provinsi Jawa Timur, untuk persiapan pekan paralimpik nasional (Peparnas).

“Rencananya bulan tujuh kita akan mengikuti tes untuk menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Papua. Dari 12 atlet ini diharapkan ada potensi mengikuti seleksi Peparnas,” ungkapnya.

Selama pandemi, atlet NPCI terus berlatih dengan tetap mentaati protokol kesehatan dan menerapkan 5M. Pola makan sehat dan menjaga istirahat menjadikan atlet NPCI tetap bugar dan menerohkan prestasi membanggakan bagi Tuban Bumi Wali.

Sementara pembina NPCI Tuban, Zainal Maftuhien mengaku sangat bangga dengan torehan yang telah dilakukan atlet NPCI Tuban. Banyak sekali pelajaran dan pengalaman berharga yang bisa dibawa pulang untuk menjadi bekal meningkatkan prestasi dan membesarkan organisasi.

“Peringkat berapapun kami sangat bangga atas prestasi ini, mengingat ini Peparprov pertama dan organisasi kita (NPCI) masih baru,” sambung Zainal Maftuhien yang juga menjabat Sekretaris KONI.

Adapun perolehan medali di final PEPARPROV I JATIM TAHUN 2021 Kontingen Kabupaten TUBAN

Emas
1. Tolak Peluru (Pa) = MUALI (Celebral Palsy-rungu-wicara), catatan prestasi : 7.46m

Perak
1. Lari 400 M (Pi) = SITI FATIMAH (Daksa Upper 46), catatan prestasi : 1.32.67

2. Tolak Peluru (Pa) = LAMSIR (Daksa Lower 42/duduk), catatan prestasi : 7.33m

3. Lompat Jauh (Pa) = M. SAEROZI (Daksa Upper 46), catatan prestasi : 4.41m

4. Lempar Cakram (Pa) = LAMSIR (Daksa Lower 42/duduk), catatan prestasi : 23.00m

5. Lari 100 M (Pi) = SITI FATIMAH (Daksa Upper 46), catatan prestasi : 17.38

6. Lempar Lembing (Pa) = LAMSIR (Daksa Lower 42/duduk), catatan prestasi : 21.08m

Perunggu
1. Lompat Jauh (Pi) = SITI FATIMAH (Daksa Upper 46), catatan prestasi : 3.06m

2. Tolak Peluru (Pa) = SURATNO (Daksa Lower), catatan prestasi : 7.15m

3. Lempar Lembing (Pa) = SURATNO (Daksa Lower), catatan prestasi : 18.40m

4. Lempar lembing (Pa ) = M. SAEROZI ( Daksa Upper ) catatan prestasi : 24.50m. [ali/ ]