Cukup Makan Telur 1-2 Butir Sehari, Ini Efeknya Bila Berlebihan!

Reporter: -

blokTuban.com - Telur kaya nutrisi penting yang biasanya dimasukkan ke dalam menu diet. Karena, sarapan telur di pagi hari saja bisa membuat Anda kenyang hingga makan siang.

Pasalnya, telur termasuk makanan tinggi protein yang bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Selain itu, telur yang direbus juga rendah kalori sehingga cocok untuk orang diet.

Banyak pula orang yang milih mengonsumsi telur sebagai camilan malam atau setelah olahraga. Tapi Ingatlah, makan telur terlalu banyak dalam sehari justru berbahaya untuk kesehatan.

Seorang ahli diet, Samaddar, mengatakan telur adalah makanan bergizi dan harus masuk dalam bagian makanan yang seimbang.

Makan satu telur mengandung sekitar 200 mg kolesterol. Tapi, Penelitian menyatakan bahwa asupan kolesterol makanan tidak berdampak langsung pada kolesterol darah.

Telur juga mengandung nutrisi tambahan MUFA dan asam lemak omega-3, yang bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Jadi dilansir dari NDTV, menambahkan telur ke dalam makanan Anda juga akan memberikan tambahan protein, kolin, biotin, vitamin A dan D.

"Jika Anda ingin menjaga asupan makanan yang sehat, Cobalah makan telur dalam jumlah sedang menjadi sekitar 1-2 butir setiap harinya," jelasnya.

Efek samping makan telur berlebihan

Makan telur terlalu banyak akan berdampak negatif pada tubuh. Karena, telur tinggi protein yang bisa membebani ginjal.

Selain itu, telur adalah sumber non-vegetarian sehingga tanpa serat. Banyak pula orang yang alergi telur, sehingga Anda harus berhati-hati dalam mengonsumsi telur.

*Sumber: suara.com