12:00 . Ukuran Bank Dunia, Ketimpangan Penduduk Tuban Rendah   |   11:00 . Ekonomi Tuban 2021 Naik 3,00 persen, Ini Penyebabnya   |   10:00 . Data Imunisasi Anak akan Tersimpan di Aplikasi PeduliLindungi   |   09:00 . Tak Layak untuk Ibadah dan Mengaji, Musala Al Ikhlas Desa Kaligede Akhirnya Direhab Satgas TMMD   |   19:00 . Halal Bihalal di Tuban, Sekum PP Muhammadiyah : Penyakit PMK Jangan Dianggap Remeh   |   17:00 . Gerindra Tuban Tancap Gas, Siap Antarkan Prabowo Subianto ke RI-1   |   16:00 . Libur Akhir Pekan, Yuk Intip Keseruan Anak-anak Bermain Air di Pantai Pasir Putih   |   14:00 . Pantai Semilir Tuban Punya Wahana Baru Banana Boat, Segini Tarifnya   |   13:00 . Ratusan Karya Seni Rupa Siswa Tuban Dipamerkan di Wisata Pantai Kelapa   |   12:00 . Jokowi Tegaskan Perang Tak Untungkan Siapapun, Mendag Fokus Pemulihan Ekonomi ASEAN   |   11:00 . Siap-siap! Vendor SIG Tuban yang Abaikan K3 Terima Skorsing   |   10:00 . Sepenggal Kisah Sumur Gemuling dan Lingga Yoni di Masjid Al-Falah Tuban   |   09:00 . Raden Santri, Kerabat Sunan Muria di Desa Cangkring   |   08:00 . Mendag Lutfi: Penguatan ASEAN Kunci Pertumbuhan Ekonomi Kawasan   |   16:00 . Jangan Takut Cepat Pudar, Begini Cara Mencuci Pakaian Hitam Agar Tetap Pekat dan Terlihat Baru   |  
Tue, 17 May 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Kacang Sembunyi Aneka Rasa, Jadi Oleh-Oleh Lebaran di Tuban

bloktuban.com | Sunday, 09 May 2021 14:00

Kacang Sembunyi Aneka Rasa, Jadi Oleh-Oleh Lebaran di Tuban

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Selain kue kering, Lebaran juga identik dengan makanan ringan yang renyah dan gurih. Salah satu jajanan Lebaran yang bisa disuguhkan di meja tamu ialah kacang sembunyi.

Selain sebagai suguhan, camilan tersebut bisa juga sebagai pilihan oleh-oleh untuk keluarga. Ada tiga varian rasanya, yaitu pedas, manis, dan gurih.

Untuk mendapatkan kacang sembunyi, bisa datang langsung ke tempat produksi aneka suguhan saat lebaran di Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Lokasinya persis di belakang sendang Bekti.

"Disebut kacang sembunyi karena kacangnya ada di dalam gulungan tepung," ujar pembuat kacang sembunyi, Rusmini (44) kepada reporter blokTuban.com dirumahnya, Minggu (9/5/2021).

Untuk mendapatkan rasa camilan yang gurih, beberapa bahan utama harus disiapkan. Seperti kacang, tepung, telor, vanili, gula merah, gula pasir, dan air.

Satu persatu bahan yang telah disiapkan langsung dicampur hingga menjadi adonan kenyal dalam waktu kurang lebih 15 menit. Setelah itu, adonan dihaluskan dengan mesin penggiling hingga lima kali.

Setelah adonan tipis, mulai dipotong persegi kecil kemudian kacangnya ditaruh tengah dan di gulung. Karena kacangnya tertutup tepung, maka sering disebut kacang sembunyi. Tapi ada juga yang menyebut kacang selimut hingga kacang gulung.

"Yang paling penting adalah menyiapkan adonan. Jika waktunya tidak pas akan mempengaruhi hasil saat penggorengan," imbuhnya.

Terakhir adalah proses penggorengan dengan api sedang. Rusmini menambahkan minyak goreng harus dipastikan panas karena jika masih setengah panas kacang tidak bisa mengembang.

Kacang sembunyi buatannya tersebut, Rusmini biasa menjual dengan harga Rp50.000 per kilogramnya. Ia baru memproduksi saat ada pesanan dari tetangga atau kenalannya, sehingga kacang benar-benar gurih.

"Rata-rata pemesan minta lima kilogram kacang sembunyi. Baik dari Tuban dan luar kota," jelasnya.

Selain kacang sembunyi, ada beberapa suguhan lebaran yang dibuat Rusmini. Seperti kacang asin dibandrol harga Rp 60 ribu/Kg, bidaran keju Rp 70 ribu/Kg, dan kemplang Rp 30 ribu/Kg. [ali/col]

 

 

Tag : Kacang, sembunyi, makanan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more