Tujuh Cabor Baru Resmi jadi Anggota KONI Tuban


Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Tujuh cabang olahraga (Cabor) baru resmi bergabung dan menjadi anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Tuban. Adanya tambahan tersebut, sekarang KONI membina 38 Cabor induk dan organisasi olahraga fungsional.

Ketua Umum KONI Tuban, Mirza Ali Mansyur menyampaikan, hasil dari Musyawarah Kerja Kabupaten (Muskerkab) 2021 seluruh anggota menyetujui tujuh Cabor baru bergabung di KONI Tuban.

"Seluruh anggota koni meyetujui tujuh anggota baru yaitu angkat besi, angkat berat, sambo, senam, tarung drajat, kick boxing, dan E-sport," kata Mirza disela Muskerkab di gedung DPRD Tuban, Sabtu, (08/5/2021).

Dalam Muskerkab diputuskan Porkab Tuban tahun 2020 akan diselenggarakan di tahun 2021. Untuk waktu pelaksanaannya masih dibahas bersama. Sedangkan pada Muskerkab berikutnya mempersiapkan Porprov Jatim VII 2022. Semua cabor harus lebih semangat menambah skuad atlet Puslatkab yang jadi kontingen Bumi Wali Tuban.

"Semua cabor komitmen untuk terus meningkatkan latihan atlet agar bisa meraih banyak medali di Porprov nanti," imbuh Mirza.

Dewan Pembina Koni Tuban, Noor Nahar Hussein menilai perkembangan olahraga di Tuban saat ini luar biasa. Ia mengapresiasi dan memberi salam hormat untuk KONI yang sudah melakukan pembinaan atlet yang baik, sehingga banyak prestasi yang diraih dan membanggakan Tuban.

"Adanya cabor baru yang bergabung semoga menambah torehan prestasi atlet KONI dipentas olahraga tingkat provinsi ataupun nasional," sambungnya.

Muskerkab di tengah pandemi Covid-19, digelar dengan menerapkan prokes ketat dengan melibtkan jajaran pengurus harian, Ketua Cabor, KOR Kecamatan, dan undangan terkait lainnya termasuk dewan pembina Koni Tuban.

Sekedar diketahui, sebelum tujuh cabor baru bergabung ada puluhan cabor yang bernaung ke KONI yaitu Aero Sport – Paralayang (FASI), Angkat Berat Angkat Besi dan Binaraga (PABBSI), Atletik (PASI), Bilyar (POBSI), Bolabasket (PERBASI), Bolavoli (PBVSI).

Bridge (GABTU), Bulutangkis (PBSI), Catur (PERCASI), Drum Band (PDBI), Gulat (PGSI), Karate (FORKI), Kempo (PERKEMI), Layar (PORLASI), Federasi Olahraga Masyarakat Indonesia (FORMI), Panahan (PERPANI), Panjat Tebing (FPTI), Pencak Silat (IPSI)

Renang (PRSI), Selam (POSSI), Sepak Bola (PSSI), Bumi Wali FC, Sepak Takraw (PSTI), Sepatu Roda (PERSEROSI), Tenis Lapangan (PELTI), Tenis Meja (PTMSI), Tinju (PERTINA), Persatuan Wanita Olahraga (PERWOSI), Judo (PJSI), dan Wushu. [ali/sas]