16:00 . IPSI Tuban Berangkatkan 11 Atlet Di Kejurda Pencak Silat   |   15:00 . Bupati Blora Ziarah ke Makam Tjitrosoman Tuban   |   14:00 . TNI AD dan PMI Tuban Terus Kolaborasi Penuhi Pasokan Darah Saat Pandemi   |   13:00 . Lanjutkan Usaha Anak, Kini Beromzet Jutaan dengan Jualan Mainan anak   |   12:00 . Jelang Nataru, Harga Cabai Rawit di Tuban Naik Menjadi Rp65 Ribu per Kilogram   |   11:00 . Wacana Difabel Tuban, Terima PKH, Ruang Kreasi, dan Diantar Jemput ke Sekolah   |   10:00 . Bupati Tuban Halindra akan Buat Cekungan di Bekas Galian Tambang   |   09:00 . Kepergok Curi Karet Bekas Belt Conveyor Milik PT. SBI, Dua Warga Sekitar Perusahaan Ditangkap   |   08:00 . Pelajar Tuban Peduli Korban Semeru, Mulai Salat Gaib hingga Galang Dana   |   07:00 . Cara Atasi Lemas dan Ngantuk Habis Sarapan Menurut Ahli Gizi   |   20:00 . Wamendag: Revitalisasi Pasar Rakyat Perkuat Pemulihan Ekonomi Nasional   |   19:00 . Merantau di Tuban, Residivis Asal Jepara Ini Nekat Gondol Motor Temannya   |   18:00 . Peduli Korban Semeru, Pelajar Tuban Salat Gaib dan Galang Dana   |   15:00 . Overkapasitas, Lagi-lagi Lapas Tuban Terima Pindahan 20 Napi Narkoba   |   14:00 . Suhada Erwin Resmi Jabat Dandim 0811 Tuban   |  
Thu, 09 December 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Ratusan Tukang Becak Antre Angpao di TITD Kwan Sing Bio Tuban

bloktuban.com | Friday, 07 May 2021 19:00

Ratusan Tukang Becak Antre Angpao di TITD Kwan Sing Bio Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Ratusan tukang becak pada Jumat (7/5/2021) sore mengantre pembagian beras dan angpao di TITD Kwan Sing Bio Kabupaten Tuban. Antrean dan pembagian telah diatur sesuai protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Suwitno (64) asal Kemuning, Kelurahan Ronghomulyo bersyukur karena telah mendapat beras dan angpao. Bantuan tersebut sangat berarti bagi keluarganya untuk Lebaran.

"Terimakasih semoga TITD Kwan Sing Bio lebih sukses dan terus memberi manfaat bagi sekitar," ujarnya.

Senada disampaikan perwakilan RT 1 Kelurahan Karangsari, Luluk Indrawati (41). Ia telah mengantre untuk mendapat bantuan dari kelenteng. Bantuan tersebut menurutnya sangat bermanfaat dan penting untuk Lebaran nanti.

Dengan bantuan ini, Luluk menilai hubungan klenteng dan warga akan semakin harmonis. Bagi-bagi semacam ini dilakukan setahun lebih dari sekali.

"Terimakasih klenteng warga merasa terbantu," sambungnya.

Usai pembagian, Handono Tanzah sebagai pemuka Konghucu di TITD Kwan Sing Bio Tuban berharap bantuan ini dapat membantu abang becak dan warga sekitar yang mayoritas beragama Islam untuk Lebaran Idul Fitri.

"Jumlahnya tukang becak ada 150 orang dan paket lainnya disalurkan ke warga sekitar Klenteng melalui Ketua RT," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Penilik Demisioner Alim Sugiantoto menambahkan bagi-bagi ini demi meringankan saudara umat Islam yang mau Lebaran enam hari lagi. Sekaligus meringankan warga yang terdampak Corona agar tetap semangat dalam menjalani kehidupan.

Walaupun ditimpa bencana dan cobaan ini, setidaknya wujud toleransi yang tinggi Klenteng Kwan Sing Bio Tuban tetap memperdulikan sesama umat Tuhan yang beragama apapun untuk tetap bersatu demi kerukunan toleransi menghormati sesamanya.

"Hal ini bisa tetap menyatukan kebinekaan dan keamanan ketentraman umat beragama di Tuban," katanya.

Angpao sendiri diberikan untuk menggairahkan hidup penerimanya. Sedangkan pembagian takjil dan beras jumlahnya 568. Pihaknya memakai angka yang baik 568, dengan harapan semoga KongCo dan Tuhan merestuinya.

Secara filosofi angka 5 adalah kebhinekaan dan tidak memandang dari golongan apa agama apa. Kita adalah kesatuan bangsa Indonesia berbahasa Indonesia bertanah tumpah darah Indonesia tetap Indonesia. Untuk angka 6 istilah luk jalan angka 8 fak adakah fakdjai rejeki sehat, mk terangkum kebhinekaan kita Indonesia sejalan akan menghasilkan rezeki banyak kesehatan menangkal Covid dengan tetap memperhatikan Prokes dan ingat 3M.

"Pemberian angpao untuk Hari Raya Idul Fitri bukan angka uangnya, yang terpenting ada kepedulian Klenteng Kwan Sing Bio dan umat agama khonghucu untuk memberikan semangat yang setinggi-tingginya," tandasnya. [ali/ col]

 

Tag : Religi, klenteng, toleransi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more