Bengkel di Bancar Ludes Terbakar, Ini Dugaan Penyebabnya

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sebuah bengkel dan toko sparepart sepeda motor milik Bambang warga Dusun Bancar, RT 08 RW 03 Desa/Kecamatan Bancar, Tuban ludes terbakar pada pukul 06.30 WIB, Rabu (5/5/2021).

Dugaan penyebab kebakaran di Bancar tersebut disampaikan Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Yudi Irwanto kepada reporter blokTuban.com.

"Pak Bambang pemilik bengkel juga jualan bensin. Saat mengisi bensin dari jeriken ke botol, dua anaknya yang berusia 15 dan 9 tahun sedang main korek api. Diduga korek api tersebut menyambar bengkelnya," ujar Yudi di kantor BPBD Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo Tuban.

Mantan Kabag Umum Pemkab Tuban ini menambahkan, setelah bengkelnya dilahap di Jago Merah Bambang langsung meminta bantuan tetangga sekitar dan menghubungi tim Damkar BPBD Tuban.

Api dapat dipadamkan sekitar pukul 07.30 Wib oleh warga Bancar, Polsek Bancar ,BPBD pos Jatirogo, dan Pos Induk BPBD Tuban. Dua unit mobil pemadam dikerahkan ke lokasi.

"Untuk kerugian material berupa sparepart motor Rp5 juta rupiah. Korban jiwa nihil karena saat ada api seluruh anggota keluarga Bambang lari menyelamatkan diri," imbuh mantan Camat Palang.

Dari kejadian ini, Yudi menghimbau kepada masyarakat penjual bensin eceran untuk lebih waspada saat pengisian bensin ke botol. Karena banyak kasus serupa di Tuban, berawal dari kurang hati-hati dan kewaspadaan. [ali/ono]