Tuban Minta 1000 Vaksin Lansia, Dikirimi 200 Vial

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kabupaten Tuban kembali mendapat kiriman vaksin Covid-19 dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Vaksin sinovac sebanyak 200 vial tersebut telah datang pada tanggal 26 April 2020 sekitar pukul 17.00 Wib.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, Bambang Priyo Utomo mengatakan awal pekan ini ada kiriman tambahan vaksin untuk para Lansia Bumi Wali. Jumlah yang dikirim tersebut 20 persen dari permintaan awal.

"Kita awalnya minta 1000 vaksin tapi hanya dapat 200 vial untuk lansia," ujar Bambang kepada reporter blokTuban.com, Rabu (28/4/2021).

Mantan Kepala Puskesmas Tambakboyo menyebutkan kebutuhan vaksinsi untuk Lansia masih banyak. 200 vial vaksin Covid-19 akan diberikan untuk kondisi urgent.

Secara keseluruhan vaksinasi di Kabupaten Tuban baru mencapai 40 persen. Proses vaksinasi berhenti total karena ketersediaan vaksin yang kosong di kantor Dinkes di Jalan Brawijaya Tuban.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan menargetkan vaksinasi lansia di Kabupaten Tuban sebanyak 67 ribu penerima. Vaksinasi tersendat salah satunya akibat pasokan vaksin dikirim bertahap.

Vaksinasi lansia sendiri dimulai pada tanggal 7 April 2021 di Gedung Korpri Kabupaten Tuban. Pelayan publik saat ini yang ditargetkan harus segera selesai adalah tenaga pendidik atau Guru, karena dipersiapkan untuk segera bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka.

“Untuk SDM vaksinator kita siap, tapi tergantung dari alokasi vaksin kita targetkan akhir Juni sudah selesai,” tegasnya. [ali/ono]