14:00 . Kasus Covid-19 Naik, Menko Marves Belum Berpikir Terapkan PPKM Darurat   |   13:00 . Kaya Akan Gizi, Perempuan Ini Sulap Olahan Ikan Tongkol Jadi Abon   |   10:00 . Cerita Pelaku UMKM Mempertahankan Bisnisnya di Tengah Pandemi   |   09:00 . Masih Banyak ODGJ Terlantar, Komunitas Resik Tuban Ingin Bantu Para ODGJ   |   08:00 . Didemo Pemuda Enam Desa, Ini Jawaban Pertamina Rosneft   |   07:00 . Terapkan Isi Piringku dalam Gizi Seimbang untuk Cegah Obesitas   |   20:00 . Kendalikan Omicron Tuban Buat Pamor Keris   |   19:00 . Dulu Warga Kampung Miliarder Kaya Raya, Sekarang Susah Makan Tak Punya Pekerjaan   |   18:00 . Beberapa Hari Nihil, Kasus Covid-19 di Tuban Naik 6 Orang Suspect Dalam Sehari   |   17:00 . Relaksasi Bisa Jadi Cara Penanganan Nyeri Ringan Tanpa Obat   |   16:00 . Juli, Kemenag Tuban Targetkan Anggaran Program Kerja Terealisasi 75 Persen   |   15:00 . Pemuda Kaliuntu Klaim Dapat Pesan Bernada Ancaman Sebelum Demo   |   14:00 . Demo Memanas, Kades Ring 1 GRR Marahi Pegawai Hingga Ancam Lapor Ahok   |   13:00 . Kapolres Tuban Minta Korban Penipuan Investasi Bodong Segera Lapor   |   12:00 . Petani Keluhkan Pupuk Subsidi yang Susah Didapatkan   |  
Wed, 26 January 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

1127 Warga Ikut Daftar BPUM di Kecamatan Soko

bloktuban.com | Tuesday, 27 April 2021 15:00

1127 Warga Ikut Daftar BPUM di Kecamatan Soko

Reporter : M. Anang Febri

blokTuban.com - Sejumlah warga dari berbagai desa tampak berkumpul di area halaman Kantor Kecamatan Soko. Warga yang didominasi oleh kalangan ibu-ibu ini, rupanya sedang ikut daftar Bantuan Produktif Usaha Mikro (PBUM) yang diluncurkan pemerintah pusat.

Terdapat setidaknya 1127 warga yang dijadwalkan daftar untuk melengkapi data nasabah berikut administrasi umumnya. Proses validasi data ini berlangsung selama dua hari. Yang mana setiap desa punya jam layanan dan waktu yang berbeda pula.

"Kalau hari ini ada 12 desa yang ikut. Sisanya besok," terang Camat Soko, Sudarto saat dijumpai blokTuban.com disela aktivitasnya, Selasa (27/4/2021).

Ditambahkannya lagi, total 23 desa yang warganya terdaftar dan tetcantum pada BPUM terlebih dulu membuka blokir rekening untuk verifikasi rekening yang bersangkutan.

Sementara itu, Patimah yang merupakan seorang pelaku UKM asal Desa Kendalrejo, Kecanatan Soko menyambut program ini dengan sumringah. Namun sayang, data yang ia ajukan untuk verifikasi masih kurang.

"Syaratnya bawa KTP, KK, buku tabungan, sama surat pernyataan. Tapi ini kurang KK yang ketinggalan di rumah," ucap warga Dusun Panjak, Desa Kendalrejo itu sembari menanti keluarganya datang mengantarkan berkas.

Pengurusan data verifikasi ini, agaknya cukup menjadi point penting bagi para pelaku UMKM. Tak sedikit pula data dari KTP dan KK yang tidak sinkron, yakni digit Nomor Induk Kependuduka (NIK). Alhasil, bagi mereka yang tak sinkron datanya harus membenahi dulu ke pemerinrah desa setempat.

"Ini NIK di KTP dan KK gak sama, jadi harus urus ini dulu Mas," ucap dua perempuan paruh baya asal Desa Wadung, Kecamatan Soko sambil berlalu.

Hingga pendataan selesai, masih saja ada warga yang kembali menuju titik layanan BPUM. Bantuan yang disalurkan melalui BNI itu memburu niat hati para nasabahnya yang dapat bantuan untuk lekas kelar.

"Jadi balil besok saja ya Bu. Sekarang sudah tutuo layanannya," kata seorang pegawai layanan BPUM yang ditemani anggota Trantib Satpol PP Kecamatan Soko berada di depan gerbang kantor kecamatan. [feb/sas].

 

Tag : pbum, soko, tuban, pendaftaran



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more