20:00 . Peresmian Balai Seni Budaya Nusantara Tuban Dihadiri Nomo Koeswoyo   |   19:00 . Sigini Biaya Pasang Sambungan Baru Air PDAM Tuban Golongan I, II, dan III   |   18:00 . Women King dan Pamali Tayang di Bioskop NSC Tuban Hari Ini   |   17:00 . Tuban Tekno – Inkubasi Inovasi Tahun 2022 Resmi Ditutup   |   16:00 . Lirik Lagu HELLO - TREASURE Beserta Terjemah Bahasa Indonesia   |   15:00 . Beras di Tuban Turun, Telur Ayam Naik   |   14:00 . Sopir Mengantuk, Truk Pengangkut Ayam Terguling di Tuban Rugi Belasan Juta   |   13:00 . Habis Shubuh Rumah Warga Tuban Terbakar, Surat Berharga dan Uang Tunai Lenyap   |   12:00 . Lowongan Kerja Nakes di RS Muhammadiyah Babat untuk Bulan Oktober 2022   |   11:00 . Turun Rp5.000, Harga Emas Antam Dibanrol Rp957.000 Per Gram   |   10:00 . Doa Memohon Agar Memiliki Anak Berakhlah Terpuji   |   09:00 . Hasil Audit BKN Temukan Kesalahan Mutasi 530 Pejabat di Tuban, Ini Respon Jubir Pemkab   |   08:00 . Hebat! Koarmada II Pecahkan Rekor Muri Water Trappen di HUT ke-77 TNI   |   07:00 . Anak Usaha Pertamina Punya 17 Rumah Sakit di Jawa Timur, Terbanyak di Gresik   |   06:00 . Delapan Kecamatan di Tuban Berpotensi Hujan Petir Hari Ini   |  
Thu, 06 October 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Bersih Desa dan Megengan, Tradisi Warga Tuban Sambut Ramadan

bloktuban.com | Sunday, 11 April 2021 11:00

Bersih Desa dan Megengan, Tradisi Warga Tuban Sambut Ramadan

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Setiap tahun menjelang bulan Ramadan, ada tradisi yang terus dilestarikan oleh warga Kabupaten Tuban. Tradisi yang dimaksud yaitu bersih desa hingga kirim doa kepada ahli kubur atau biasa dikenal megengan.

Bersih desa dan megengan ini hampir dilakukan di 328 desa/kelurahan di Tuban. Salah satunya di Desa Widang, Kecamatan Widang pada Minggu (11/4/2021).

Warga Widang, Rizal Firmansyah (29) mengatakan hari ini para warga ramai-ramai membersihkan makam desa. Tanaman yang rimbun dan rumput liar dipangkas supaya area makam lebih nampak rapi.

"Rumput di makam tadi disemprot pakai obat. Kerjasama antara warga dan Banser, untuk obat-obatannya disuplai oleh Upzis Widang," jelas Rizal kepada reporter blokTuban.com.

Ditambahkan bahwa di Desa ada tiga makam desa karena luasnya wilayah desa yaitu di Dusun Mangkar, Widang, dan Mandungan. Ketiga makam dibersihkan sehari dan tadi terparah ada di makam Dusun Widang.

Selain bersih desa, tradisi yang masih dilestarikan yaitu megengan. Ada warga yang kirim doa di setiap rumahnya, dan ada juga yang di Musala atau Masjid sesuai lokalitas di wilayah setempat.

"Setelah kirim doa kemudian warga disini membagikan nasi berkat kepada para tetangga maupun di Musala terdekat," imbuhnya.

Selaras dilakukan warga Desa Sidotentrem, Kecamatan Bangilan. Babinsa bersama kepala desa mengajak warga desa untuk mengadakan kerja bakti.

Sasaran bersih desa di antaranya makam, jalan raya dan selokan air sehingga pada saat bulan puasa sudah bersih dan warga bisa menjalankan ibadah puasa dengan tenang dan khusuk

Babinsa Desa Sidotentrem, Serda Sugiyarto mengimbau kepada seluruh warga masyarakat yang ikut kerja bakti karena ini masih masa Pandemi protokol kesehatan tetap dijalankan dengan menggunakan masker saat kerja bakti.

Disambung Masrodji selaku Kepala Desa Sidotentrem mengucapkan banyak terimakasih atas partisipasi dari semua elemen di desa mulai dari tokoh agama, masyarakat, ketua karang taruna terlebih kepada Babinsa.

'Atas terselenggaranya kegiatan ini mudah – mudahan kita bisa menjalankan ibadah puasa dengan khusuk karena lingkungan sudah bersih. Selamat menunaikan ibadah puasa semoga amal ibadah kita bisa di terima oleh Allah," pungkasnya. [ali/col]

 

Tag : Bersih desa, Megengan, tradisi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 02 October 2022 10:00

    Blok Cerpen

    Sang Penjaga Bumi

    Sang Penjaga Bumi Guruh, ia adalah seorang anak yang ditinggal oleh kedua orang tuanya. Sejak kedua orang tuanya berpisah ia tinggal bersama mbok Yam. Guruh dan mbok Yam hidup sebatangkara. Setiap harinya selalu berkelana, jalan-jalan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat