18:00 . Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H   |   12:00 . Masjid Agung Tuban Tampung 500 Jamaah Salat Idul Fitri   |   07:00 . Cukup Makan Telur 1-2 Butir Sehari, Ini Efeknya Bila Berlebihan!   |   20:00 . Kemenhub Salurkan Paket Sembako Kepada Sopir Angkutan Umum di Tuban   |   19:00 . Dukung Masyarakat di Wilayah Operasinya, EMCL Salurkan 1.320 Sembako   |   18:30 . Live Streaming: Rukyatul Hilal 1 Syawal 1442 H   |   18:00 . Hilal 1 Syawal Tak Terlihat, Puasa Digenapkan 30 Hari   |   17:00 . Sidang Isbat Awal Syawal 1442 H   |   12:00 . TPPI Santuni Anak Yatim dan Berikan Paket Sembako ke Duafa   |   09:00 . Koramil Widang Santuni 1.080 Janda Miskin dan Yatim   |   08:00 . Jelang Idul Fitri, Pesanan Paket Hampers Lebaran Meroket   |   19:00 . Fakta Baru, Ini Cerita Kepala Madrasah yang Jadi Sasaran Pengrusakan   |   15:00 . Dirregident Korlantas Polri Pantau Penyekatan di Perbatasan Jatim-Jateng   |   14:00 . Bantuan Sembako untuk 3.256 KPM di Kecamatan Kerek Dicek Ketat   |   11:00 . Tiga Perusahaan Sektor Pertambangan Selesaikan Aduan THR   |  
Wed, 12 May 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Bersih Desa dan Megengan, Tradisi Warga Tuban Sambut Ramadan

bloktuban.com | Sunday, 11 April 2021 11:00

Bersih Desa dan Megengan, Tradisi Warga Tuban Sambut Ramadan

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Setiap tahun menjelang bulan Ramadan, ada tradisi yang terus dilestarikan oleh warga Kabupaten Tuban. Tradisi yang dimaksud yaitu bersih desa hingga kirim doa kepada ahli kubur atau biasa dikenal megengan.

Bersih desa dan megengan ini hampir dilakukan di 328 desa/kelurahan di Tuban. Salah satunya di Desa Widang, Kecamatan Widang pada Minggu (11/4/2021).

Warga Widang, Rizal Firmansyah (29) mengatakan hari ini para warga ramai-ramai membersihkan makam desa. Tanaman yang rimbun dan rumput liar dipangkas supaya area makam lebih nampak rapi.

"Rumput di makam tadi disemprot pakai obat. Kerjasama antara warga dan Banser, untuk obat-obatannya disuplai oleh Upzis Widang," jelas Rizal kepada reporter blokTuban.com.

Ditambahkan bahwa di Desa ada tiga makam desa karena luasnya wilayah desa yaitu di Dusun Mangkar, Widang, dan Mandungan. Ketiga makam dibersihkan sehari dan tadi terparah ada di makam Dusun Widang.

Selain bersih desa, tradisi yang masih dilestarikan yaitu megengan. Ada warga yang kirim doa di setiap rumahnya, dan ada juga yang di Musala atau Masjid sesuai lokalitas di wilayah setempat.

"Setelah kirim doa kemudian warga disini membagikan nasi berkat kepada para tetangga maupun di Musala terdekat," imbuhnya.

Selaras dilakukan warga Desa Sidotentrem, Kecamatan Bangilan. Babinsa bersama kepala desa mengajak warga desa untuk mengadakan kerja bakti.

Sasaran bersih desa di antaranya makam, jalan raya dan selokan air sehingga pada saat bulan puasa sudah bersih dan warga bisa menjalankan ibadah puasa dengan tenang dan khusuk

Babinsa Desa Sidotentrem, Serda Sugiyarto mengimbau kepada seluruh warga masyarakat yang ikut kerja bakti karena ini masih masa Pandemi protokol kesehatan tetap dijalankan dengan menggunakan masker saat kerja bakti.

Disambung Masrodji selaku Kepala Desa Sidotentrem mengucapkan banyak terimakasih atas partisipasi dari semua elemen di desa mulai dari tokoh agama, masyarakat, ketua karang taruna terlebih kepada Babinsa.

'Atas terselenggaranya kegiatan ini mudah – mudahan kita bisa menjalankan ibadah puasa dengan khusuk karena lingkungan sudah bersih. Selamat menunaikan ibadah puasa semoga amal ibadah kita bisa di terima oleh Allah," pungkasnya. [ali/col]

 

Tag : Bersih desa, Megengan, tradisi

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 05 April 2021 13:00

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com Sekitar 25 mahasiswa-mahasiswi dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban berkunjung di kantor redaksi blokTuban.com Jalan Sunan Muria No. 28 Kelurahan Latsari,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more