20:00 . Peresmian Balai Seni Budaya Nusantara Tuban Dihadiri Nomo Koeswoyo   |   19:00 . Sigini Biaya Pasang Sambungan Baru Air PDAM Tuban Golongan I, II, dan III   |   18:00 . Women King dan Pamali Tayang di Bioskop NSC Tuban Hari Ini   |   17:00 . Tuban Tekno – Inkubasi Inovasi Tahun 2022 Resmi Ditutup   |   16:00 . Lirik Lagu HELLO - TREASURE Beserta Terjemah Bahasa Indonesia   |   15:00 . Beras di Tuban Turun, Telur Ayam Naik   |   14:00 . Sopir Mengantuk, Truk Pengangkut Ayam Terguling di Tuban Rugi Belasan Juta   |   13:00 . Habis Shubuh Rumah Warga Tuban Terbakar, Surat Berharga dan Uang Tunai Lenyap   |   12:00 . Lowongan Kerja Nakes di RS Muhammadiyah Babat untuk Bulan Oktober 2022   |   11:00 . Turun Rp5.000, Harga Emas Antam Dibanrol Rp957.000 Per Gram   |   10:00 . Doa Memohon Agar Memiliki Anak Berakhlah Terpuji   |   09:00 . Hasil Audit BKN Temukan Kesalahan Mutasi 530 Pejabat di Tuban, Ini Respon Jubir Pemkab   |   08:00 . Hebat! Koarmada II Pecahkan Rekor Muri Water Trappen di HUT ke-77 TNI   |   07:00 . Anak Usaha Pertamina Punya 17 Rumah Sakit di Jawa Timur, Terbanyak di Gresik   |   06:00 . Delapan Kecamatan di Tuban Berpotensi Hujan Petir Hari Ini   |  
Thu, 06 October 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Jelang Pembelajaran Tatap Muka, Siswa SD di Plumpang Ikuti Trauma Healing

bloktuban.com | Saturday, 10 April 2021 15:00

Jelang Pembelajaran Tatap Muka, Siswa SD di Plumpang Ikuti Trauma Healing

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Tri Astuti Ketua Komisi 4 DPRD Tuban yang membidangi pendidikan, kesehatan, kesejahteraan rakyat dan pariwisata pada Sabtu (10/4/2021) membuat aksi nyata.

Bersama Pemuda Bergerak Plumpang yang dimotori oleh Bambang Budiono dan relawan lainnya melaksanakan kegiatan Trauma Healing untuk siswa.

Kegiatan ini melibatkan perwakilan siswa siswi SD dan guru SDN Plumpang 1, 2, 3, 4, dan 5. Berawal dari kegelisahan yang dirasakan orang tua siswa bahwa dalam satu tahun ini anak-abak tidak lagi belajar di sekolah, namun lebih pada belajar dengan sistem dalam jaringan atau daring.

"Tidak semuanya bisa berjalan dengan baik dan bahkan saat ini anak-anak malas belajar dan lebih banyak bermain, maka kegiatan ini untuk bisa membantu anak didik kembali semangat untuk sekolah lagi," terang Tri Astuti kepada reporter blokTuban.com.

Ada dua metode yang dipakai selama kegiatan trauma healing yaitu berkisah dan pantomim. Metode tersebut dimaksudkan untuk mengedukasi siswa bahwa belajar dengan interaksi lebih baik dari pada terlena dengan ganget.

Selain itu, memberikan pemahaman tentang pentingnya prokes saat nanti pembelajaran tatap muka dilaksanakan. Terpenting adalah menghilangkan trauma dari rasa takut malas, khawatir, dan was – was.

Juga memberikan semangat baru agar bisa kembali bersekolah dengan penuh kegembiraan dan semangat belajar yang tinggi agar tumbuh menjadi anak-anak generasi penerus bangsa yang sehat, ceria, cerdas, unggul, dan berprestasi.

Astuti menambahkan bahwa pemulihan trauma ini tidak mudah dilakukan, namun dibutuhkan kerjasama semua pihak baik guru, orang tua, lingkungan, sekolah dan siswa itu sendiri.

Trauma healing ini juga dilakukan untuk mengembalikan atau menyehatkan kembali, membebaskan dari duka.

Kesulitan dan hal hal buruk dan membuat perbedaan mengarah kepada kesadaran, keseimbangan dan pengendalian sehingga siap untuk bergerak melewati masa pandemi covid-19 ini.

"Semoga semangat ini bisa menginisiasi pemuda pemuda di Kabupaten Tuban untuk bergerak peduli pendidikan," imbuh politisi Gerindra.

Diharapkan pula kegiatan ini bisa dilakukan di semua kecamatan dan Dinas Pendidikan bisa bersinergi bersama relawan untuk menyiapkan program kegiatan pra sekolah tatap muka yang akan segera dilaksanakan. [ali/ono]

 

Tag : terapihealing, siswa



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 02 October 2022 10:00

    Blok Cerpen

    Sang Penjaga Bumi

    Sang Penjaga Bumi Guruh, ia adalah seorang anak yang ditinggal oleh kedua orang tuanya. Sejak kedua orang tuanya berpisah ia tinggal bersama mbok Yam. Guruh dan mbok Yam hidup sebatangkara. Setiap harinya selalu berkelana, jalan-jalan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat